Teks Doa dan Susunan Acara HUT RI 79 Saat Upacara 17 Agustus 2024

×

Teks Doa dan Susunan Acara HUT RI 79 Saat Upacara 17 Agustus 2024

Bagikan berita
Ilustrasi penyelenggaraan upacara bendera (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi penyelenggaraan upacara bendera (foto: Ideogram AI)

Selanjutnya, doa untuk mohon perlindungan dan kekuatan serta keselamatan negeri dari marabahaya hingga peningkatan kesadaran warga negara juga masuk dalam teks tersebut.

Salah satu contoh teks doa upacara bendera HUT RI tersebut, bisa didownload dan akses pada link Kemenag Kaltim https://kaltim. kemenag.go.id/file/file/HUKMAS/lxyr1376439321.pdf.

Susunan Acara 17 Agustus 2024

Saat pembukaan, biasanya susunan acara 17 Agustus dilakukan dengan melakukan penghormatan terhadap Bendera Merah Putih sembari menyanyikan lagu Indonesia raya.

Lalu, protokol akan mulai membaca teks dan menginstruksikan beberapa hal. Di antaranya, petugas upacara memasuki lapangan dan melakukan penghormatan kepada pemimpin upacara.

Baru kemudian, setiap perwakilan barisan melakukan penghormatan kepada petugas upacara. Selanjutnya, kegiatan diambil alih oleh pemimpin upacara untuk memulai inti acara.

Pertama, Pembina Upacara masuk ke Lapangan Upacara dan pemimpin upacara memberi hormat beserta petugas hingga peserta secara keseluruhan kepada pembina.

Kemudian, pembina menerima laporan dari pemimpin dan menginstruksikan untuk dilakukan Pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi Lagu Indonesia Raya.

Pada intruksi lain, kegiatan mengheningkan Cipta yang Dipimpin oleh Pembina Upacara. Setelahnya, Pembacaan Teks Proklamasi dan Teks Pancasila serta Pembukaan UUD 1945 pun dilakukan.

Berselang kemudian, Amanat dari Pembina Upacara untuk mengistirahatkan amanat dan menyanyikan lagu Nasional yang kemudian disusul dengan Pembacaan Doa. Terakhir, pembina dan pemimpin hingga semua peserta meninggalkan lapangan sebagai penutup. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini