Ini Kata BPIP Soal Larangan Berhijab untuk Paskibraka Putri

×

Ini Kata BPIP Soal Larangan Berhijab untuk Paskibraka Putri

Bagikan berita
Anggota Paskibraka Putri memegang bendera merah putih
Anggota Paskibraka Putri memegang bendera merah putih

HALONUSA - Kepala BPIP, Yudian Wahyudi menyatakan bahwa pelarangan menggunakan hijab untuk anggota Paskibraka Putri telah diatur dalam Surat Edaran Deputi Diklat Nomor 1 Tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkannya dalam keterangan pers yang dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu 14 Agustus 2024 kemarin.

Ia mengatakan bahwa Paskibraka sejak awal adalah tentang keseragaman. “Karena memang kan dari awal Paskibraka itu uniform (seragam),” kata Yudian.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika menjelaskan alasan penyesuaian ketentuan seragam untuk anggota Paskibraka yang menggunakan hijab. Pada tahun-tahun sebelumnya, anggota Paskibraka diperbolehkan menggunakan hijab dalam upacara pengukuhan maupun pengibaran bendera pada 17 Agustus.

Namun BPIP memutuskan menyeragamkan tata pakaian dan sikap tampang Paskibraka pada 2024, sebagaimana yang termaktub dalam Surat Edaran

Dalam surat edaran tersebut, tidak terdapat pilihan berpakaian hijab bagi anggota Paskibraka yang menggunakan hijab.

Yudi menjelaskan penyeragaman pakaian tersebut berangkat dari semangat Bhinneka Tunggal Ika yang dicetuskan oleh Bapak Pendiri Bangsa Sukarno.

“Kan itu semula kan memang Paskibraka itu uniform, uniform itu maksudnya apa? Karena kita baru merdeka dengan kemajemukan yang paling, barangkali, terbesar di muka bumi. Di situlah inisiatif Presiden Sukarno untuk mengaplikasikan Bhinneka Tunggal Ika,” tutur dia.

Nilai-nilai yang dibawa oleh Sukarno, kata Yudi, adalah ketunggalan dalam keseragaman. Ketunggalan tersebut diterjemahkan oleh BPIP dalam wujud pakaian yang seragam.

“Tahu ya uniform itu seragam, harus sama, sehingga ketika kita melihat ini, ‘Oh ya dari sana nggak ketahuan’ pada saat ini dia bertugas sebagai pasukan yang menyimbolkan kebersatuan dalam kemajemukan,” katanya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini