Khutbah Idul Adha 1445H, Tips Panjang Umur dalam Islam 2024

×

Khutbah Idul Adha 1445H, Tips Panjang Umur dalam Islam 2024

Bagikan berita
Ilustrasi perayaan Idul Adha 1445H (foto: ideogram AI)
Ilustrasi perayaan Idul Adha 1445H (foto: ideogram AI)

Begitu pula dengan Hadits berikut, "Sholat jamaan lebih utama dari Sholat sendirian," yang artinya salah satu amalan baik untuk memperpanjang umur yaitu Sholat ke Masjid atau Mushalla.

Terakhir menurut HR Muslim lagi berdasarkan Hadits Rasulullah SAW yaitu, "Tidak akan putus 3 amalam anak Adam berupa sedekah Jariyah dan Ilmu bermanfaat serta Doa Anak Sholeh," sebagai tips panjang umur juga.

Artinya begini, meskipun seseorang sudah wafat dan tidak bisa berbuat baik lagi di dunia. Maka, 3 amalan di atas akan terus mengalir pahala-nya kepada mereka sebagai bekal di akhirat.

Seperti yang diketahui, bahwa manusia hidup di dunia adalah untuk mempersiapkan bekal amal ibadah untuk di akhirat dan menjadi penentu akan masuk Surga atau pun Neraka ketika akhir hayat nanti.

Nah, durasi lama hidup di dunia akan jadi penentu seberapa banyak ibadah yang dilakukan. Makanya umat Islam berlomba panjang umur, untuk melakukan lebih banyak ibadah sebagai bekal akhirat.

Makanya dengan melakukan 3 amalan di atas, pahala yang diberikan tiada putus meski seorang sudah wafat. Artinya, persiapan seseorang menyambut Akhirat akan lebih mantap. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini