Khutbah Idul Adha 1445H, Tips Panjang Umur dalam Islam 2024

×

Khutbah Idul Adha 1445H, Tips Panjang Umur dalam Islam 2024

Bagikan berita
Ilustrasi perayaan Idul Adha 1445H (foto: ideogram AI)
Ilustrasi perayaan Idul Adha 1445H (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada artikel ini, akan dijabarkan informasi terkait Khutbah Idul Adha 1445H dengan tema 'Tips Panjang Umur dalam Islam'.

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa pemerintah sepakat dalam menetapkan perayaan Idul Adha 1445H pada hari Senin 17 Juni 2024.

Sebelum mulai merayakan salah satu hari kebesaran tersebut, umat Islam di-sunnahkan berpuasa Arafah dengan imbalan menghapus dosa setahun lalu dan setahun ke depan.

Puasa Arafah 9 Dzulhijah 1445H, jatuh pada hari ini 16 Juni 2024. Bahkan sebelum Sholat Idul Adha, umat Islam juga di-sunnah kan berpuasa sampai selesai Sholat.

Selain itu selama perayaan Hari Raya Idul Adha, juga ada kegiatan khutbah atau ceramah yang berlangsung pas ketika usai Sholat. Berikut, salah satu contoh teks khutbahnya.

Teks Khutbah Idul Adha 1445H pada 17 Juni 2024 ini bertema Tips Panjang Umur dalam Islam, yang dirangkum dari berbagai sumber. Baca sampai selesai ya, tulisan di bawah ini.

Khutbah Idul Adha 2024: Tips Panjang Umur

Secara garis besar dalam Islam, agar bisa panjang umur bisa menerapkan keberkahan usia dengan beramal baik karena biasanya orang Baik akan didoakan banyak orang.

Berikutnya, tindakan jalin hubungan silaturahmi dengan banyak umat Islam lain juga disebut bisa memperpanjang umur dan rutin sholat Jamaah menjadi faktor lainnya.

Sesuai sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR Muslim, "Silaturahmi dan berakhlak baik serta berbuat baik pada tetangga dapat ramaikan kehidupan hingga perpanjang usia."

Pada Hadits Rasulullah SAW lainnya, HR Muslim selaku periwayat juga menyebutkan. Bahwa, "barang siapa yang ingin dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umur, maka bersilaturahmi lah."

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar