Link Pengumuman UTBK SNBT 2024, Cara Cek dan Alternatif Kalau Tidak Lolos

×

Link Pengumuman UTBK SNBT 2024, Cara Cek dan Alternatif Kalau Tidak Lolos

Bagikan berita
Ilustrasi pelajar yang ikut UTBK SNBT 2024 (foto: Pexels/Karolina Kaboompics)
Ilustrasi pelajar yang ikut UTBK SNBT 2024 (foto: Pexels/Karolina Kaboompics)

6. Untuk bisa unduh sertifikat bisa ketikkan 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir pada kolom tersedia.

7. Berikutnya, centang pernyataan status terkait dan klik 'lihat hasil'.

8. Selain itu, unduh sertifikat bisa melalui link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan masuk ke menu login hingga simpan file PDF.

Alternatif Kalau Tidak Lolos UTBK SNBT 2024

Sebagai manusia, terutama pelajar tentunya harus punya skenario terburuk dan alternatif jika tidak lolos seleksi UTBK SNBT 2024. Misalnya setelah kunjungi link di atas, lalu input 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir.

Tapi ternyata sertifikat yang ditampilkan menyatakan bahwa kamu tidak lulus, jangan bersedih karena gunakan hasil tersebut untuk mendaftar kuliah jalur mandiri di kampus negeri.

Tidak hanya itu, saat ini juga dibuka pendaftaran di sekolah kedinasan seperti STAN dan IPDN serta STIN hingga lainnya. Kamu bisa cari saja info terkait, lalu pilih jurusan yang diinginkan.

Bahkan, sekolah keagamaan di Universitas Islam juga bisa kamu masuki untuk kuliah melalui jalur pendaftaran PTKIN. Apalagi, jurusannya tidak jauh beda dengan kampus umum lainnya.

Terakhir jika ingin kuliah, coba juga pendaftaran Poltekpos dan Politeknik Negeri di beberapa wilayah tempat tinggalmu. Caranya yaitu, ketikkan saja Poltekpos misal di Google dan cari tahu cara pendaftarannya.

Nah skenario terburuk lagi sebagai alternatif bagi kamu yang tidak lolos semua seleksi kuliah, dapat mendaftarkan diri ke kampus swasta atau menunggu setahun dulu sampai UTBK SNBT 2025 dibuka.

Sembari menunggu, kamu bisa bekerja dan atau mengikuti berbagai kursus produktif. Kenali bidang yang kamu sukai misalnya excel, maka ikut pelatihan Excel yang nantinya kemampuan ini banyak dibutuhkan perusahaan.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini