Honda Hayati Berikan Tips Berkendara Aman saat Melintasi Genangan Air

×

Honda Hayati Berikan Tips Berkendara Aman saat Melintasi Genangan Air

Bagikan berita
Tips berkendara aman saat melintasi genangan air. (Foto: Ist)
Tips berkendara aman saat melintasi genangan air. (Foto: Ist)

HALONUSA - Saat musim hujan tiba, para pengendara sepeda motor harus mempersiapkan diri dengan baik agar tetap bisa berkendara dengan aman, nyaman, dan selamat.

Tidak hanya saat hujan turun, tetapi juga setelah hujan reda, penting bagi pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan mereka.

Benarivo, yang merupakan PIC Instructor dan Safety Riding Supervisor dari PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM), memberikan tips untuk berkendara dengan aman saat melewati genangan air.

Selain membuat permukaan jalan menjadi licin, hujan juga menyebabkan genangan air yang bisa menutupi jalanan. Oleh karena itu, pengendara harus lebih berhati-hati saat melewati genangan air karena ada risiko.

  • Terjadi aquaplaning, di mana ban kehilangan cengkraman atau traksi.
  • Roda bisa masuk ke dalam lubang jalanan yang tertutup oleh genangan air.

Apa yang seharusnya dilakukan pengendara saat melintasi genangan air? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dipelajari dan dipahami saat melintas di jalan yang tergenang air.

1. Tunggu sampai air surut. Jika menemui genangan air, sebaiknya tidak memaksakan untuk menerobosnya.

Namun, jika harus melintas, pastikan ketinggian air tidak terlalu tinggi untuk menghindari risiko air masuk ke dalam ruang bakar dan menyebabkan kerusakan (hal ini tergantung pada jenis motor karena ground clearance motor bisa berbeda).

2. Gunakan kecepatan rendah, terutama jika melewati jalan yang tidak pernah dilalui sebelumnya atau tidak dikenal.

Meskipun menggunakan kecepatan rendah, tetaplah menjaga jarak saat melintasi genangan air.

Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan manuver mendadak dari pengendara lain untuk menghindari lubang atau kendaraan yang tiba-tiba berhenti.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini