Kalahkan Australia di Piala Asia U23, Timnas Indonesia Catatkan Sejarah!

×

Kalahkan Australia di Piala Asia U23, Timnas Indonesia Catatkan Sejarah!

Bagikan berita
Pemain Timnas Indonesia U23, Marselino Ferdinan. (Foto: PSSI)
Pemain Timnas Indonesia U23, Marselino Ferdinan. (Foto: PSSI)

HALONUSA - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Australia dalam pertandingan penyisihan grup Piala Asia AFC U-23, mencatat kemenangan bersejarah pertama Garuda Muda atas lawan ini di turnamen tersebut.

Kemenangan tersebut diperoleh tim yang dikomandoi Rizky Ridho dalam pertandingan Grup A yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis, 18 April 2024.

Gol tunggal yang dicetak oleh Komang Teguh di menit ke-45 babak pertama menandai berakhirnya penantian panjang Indonesia untuk mengatasi dominasi Australia.

Sebelumnya, dalam tiga pertemuan di Piala AFC U-23, Timnas Indonesia U-23 selalu menelan kekalahan dari Australia.

Pertemuan pertama terjadi pada babak kualifikasi Piala AFC U-23 2012 dengan skor 0-1. Pada tahun 2022, dalam babak kualifikasi Piala Asia atau AFC U-23, Indonesia berada satu grup dengan Australia di Grup G, setelah Brunei dan China mengundurkan diri karena pandemi Covid-19.

Indonesia tak mendapat poin dari kedua pertandingan melawan Australia di grup tersebut.

Namun, keberhasilan ini terjadi di penyisihan grup Piala Asia U-23 2024, di mana Indonesia meraih tiga poin dan menempati posisi kedua Grup A.

Mereka masih mempertahankan peluang untuk maju ke perempat final. Qatar sementara ini memimpin Grup A dengan enam poin dan keunggulan selisih gol 3 setelah mengalahkan Yordania dengan skor 2-1.

Timnas U-23 Indonesia akan berhadapan dengan Yordania dalam pertandingan krusial pada hari Minggu, 21 April 2024. Sementara itu, Australia akan menghadapi tuan rumah Qatar.

Di tahun 2024 menandai kali pertama Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sejak turnamen ini dimulai pada tahun 2012.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini