Ternyata Segini Jumlah Korban Terdampak dan Hal yang Diperlukan Pascagempa Pasaman, Ini Penjelasannya

×

Ternyata Segini Jumlah Korban Terdampak dan Hal yang Diperlukan Pascagempa Pasaman, Ini Penjelasannya

Bagikan berita
Korban terdampak gempa di Malampah, Kabupaten Pasaman. (Foto: Dok. Istimewa)
Korban terdampak gempa di Malampah, Kabupaten Pasaman. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM - Bupati Pasaman, Benny Utama mengeklaim sebanyak 4.407 warganya menjadi korban terdampak gempa di Malampah, Kecamatan Tigo Nagari.

Jumlah sebanyak itu, kata Benny, terdiri dari 1.047 kepala keluarga (KK) dan belum termasuk ke dalam tiga kampung yang belum terdata.

Pendataan korban jiwa atau terdampak dan kerusakan serta pendistribuan bantuan menjadi fokus utama pihaknya sembari menyiapkan infastruktur pendukung di lokasi pengungsian.

"Tenda pengungsi masih sangat dibutuhkan warga, saat ini baru ada sekitar 80 set (tenda) ukuran besar dan kecil, namun informasi terbaru sudah datang 1.500 tenda berbagai model dan ukuran dari Kementerian Sosial (Kemensos)," kata Benny, Minggu (28/2/2022).

Baca juga: Fenomena Tanah Bergerak di Malampah akibat Gempa Pasaman Barat, Ini Kata BNPB-BMKG

Benny mengeklaim bahwa pihaknya sudah bisa memetakan apa saja kebutuhan, siapa dan bagaimana penanganan pascagempa yang harus dilakukan.

Dirinya memberikan sejumlah instruksi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melaksanakan perintah yang diberikannya.

Di antaranya, pembuatan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) darurat di lokasi pengungsian, kemudian sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air para pengungsi.

"Jumlah (MCK) nya sesuaikan dengan kebutuhan para pengungsi di tiap lokasi, hitung berapa warga perempuan dan laki-laki," katanya.

Arahan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes), Benny meminta untuk mendirikan posko kesehatan di seluruh lokasi pengungsian dan melakukan pengecekan kesehatan korban terdampak gempa setiap hari.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar