Honda Hayati Bagikan Tips Keamanan dalam Berkendara Naik Sepeda Motor Listrik

×

Honda Hayati Bagikan Tips Keamanan dalam Berkendara Naik Sepeda Motor Listrik

Bagikan berita
Honda Hayati Bagikan Tips Keamanan dalam Berkendara Naik Sepeda Motor Listrik
Honda Hayati Bagikan Tips Keamanan dalam Berkendara Naik Sepeda Motor Listrik

HALONUSA.COM - Perkembangan pesat dalam teknologi mendorong perusahaan untuk berinovasi guna mengikuti kebutuhan pasar dan memuaskan konsumennya. Contohnya adalah lonjakan popularitas kendaraan listrik yang diprediksi akan menjadi kendaraan masa depan.

Untuk menjawab tren ini, perusahaan otomotif roda dua seperti Honda juga ikut merespons dengan memenuhi permintaan konsumen setianya terhadap kendaraan listrik, yang dikenal sebagai EV. Namun, mengemudi sepeda motor listrik di jalan raya memerlukan perhatian khusus.

Sepeda motor listrik, atau EV, memiliki keunggulan dalam hal suara yang lebih halus dibandingkan kendaraan konvensional, yang dapat membuatnya sulit teridentifikasi oleh pengendara lain.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara EV untuk memastikan bahwa mereka terlihat oleh pengguna jalan lain dan selalu mempertahankan jarak yang aman.

Baca juga:

Febriadi, Instruktur Safety Riding PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM), menjelaskan bahwa karakteristik tenaga yang dihasilkan oleh EV berbeda dengan motor konvensional, terutama dalam hal mendahului dan mengatasi tanjakan.

Selain itu, pengguna EV juga harus memperhatikan indikator baterai pada speedometer dan memperhitungkan jarak ke stasiun pengisian listrik terdekat, mengingat keterbatasan infrastruktur pengisian listrik umum.

Fitur tambahan pada EV juga memerlukan pemahaman yang baik oleh pengendara, sehingga penting untuk mempelajari buku petunjuk penggunaan.

Honda Hayati memberikan beberapa tips untuk berkendara aman dengan sepeda motor listrik di jalan raya. Ini termasuk penggunaan perlengkapan pelindung standar, konsentrasi yang tinggi, pengenalan kendaraan EV, dan perencanaan perjalanan dengan memperhatikan kondisi baterai dan jarak yang akan ditempuh.

Selama berkendara, penting untuk memperhatikan indikator motor EV dan menghindari akselerasi yang tiba-tiba untuk mencegah kehilangan kendali. Mendahului dan melewati jalan tanjakan juga membutuhkan strategi khusus, mengingat karakteristik unik dari motor listrik.

HPM aktif dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat, termasuk pelajar, institusi pendidikan, perusahaan, instansi pemerintah, dan komunitas sepeda motor. Melalui upaya ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya dapat meningkat. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini