Maling Kotak Amal di Padang Dibebaskan, Kapolsek: Mereka Berdamai

×

Maling Kotak Amal di Padang Dibebaskan, Kapolsek: Mereka Berdamai

Bagikan berita
Proses mediasi antara pengurus masjid dan keluarga pelaku
Proses mediasi antara pengurus masjid dan keluarga pelaku

HALONUSA.COM - 4 orang pemuda yang dibekuk tim Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Lubuk Kilangan atas dugaan pencurian kotak amal dibebaskan.

Hal tersebut dapat terjadi setelah pihak pengurus Masjid Bahrul Amal yang merupakan pelapor memilih penyelesaian permsalahan tersebut secara kekeluargaan.

"Dengan adanya hal ini, tentu kami dari Kepolisian memberikan Restorative Justice kepada pelaku dan meempertemukan antara pelaku dan korban," kata Kapolsek Bungus Teluk Kabung, Kompol Al Indra.

Ia mengatakan bahwa dalam pertemuan mediasi tersebut ada dua kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak antara korban dan keluarga pelaku.

"Perjanjian yang pertama adalah kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan ini dengan cara kekeluargaan. Pihak kedua sebagai pengurus di Masjid Bahrul Amal tidak akan memperpanjang permasalah tersebut," katanya.

Selain itu, kesepakatan pertemuan tersebut juga menyatakan bajwa kedua belah pihak sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan atau jalan damai karena pihak pertama telah mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada pihak kedua.

"Kedua belah pihak juga sepakat bahwa persoalan tersebut telah selesai dan tidak akan mengungkit di kemudian harinya. Jika pihak pertama mengulangi lagi perbuatannya tersebut, maka akan ditutut secara hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan RI," lanjutnya.

Sebelumnya, 4 orang pemuda di Kota Padang dibekuk tim Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Bungus Teluk Kabung di Lapangan Poli Tabek, Jalan Kandang Nama.

4 orang pemuda tersebut dibekuk saat sedang nongkrong di lokasi tersebut pada Minggu 28 Januari 2023 sekitar pukul 23.15 WIB.

"Penangkapan tersebut berawal dari adanya laporan korban atas nama Andri Amin (61) salah seorang pengurus masjid Barul Amal di Kelurahan Teluk Kabung Timur, Kecamatan Bungus Teluk Kabung," kata Kapolsek Bungus Teluk Kabung, Kompol Alindra.

Editor : Halbert Caniago
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini