Dilapangkan Rezeki, Ini Deretan Keutamaan Ibadah Kurban Bagi Umat Muslim

×

Dilapangkan Rezeki, Ini Deretan Keutamaan Ibadah Kurban Bagi Umat Muslim

Bagikan berita
Ilustrasi kurban
Ilustrasi kurban

HALONUSA.COM - Dilapangkan rezeki, ini deretan keutamaan ibadah kurban bagi umat Muslim.

Ibadah kurban dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan.

Maka tak dipungkiri bahwa ibadah kurban sangat istimewa dan dijanjikan pahala besar oleh Allah SWT.

Dilansir m dari video YouTube 5ku Net yang tayang pada 10 Agustus 2019, berikut keutamaan berkurban menurut hadits Nabi Muhammad SAW.

1. Nabi Muhammad SAW dalam satu riwayat bersabda tidak ada ibadah yang lebih dicintai Allah SWT di Hari Raya Idul Adha selain menumpahkan darah atau berkurban. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa sesungguhnya darahnya (hewan kurban) disisi Allah memiliki kedudukan sebelum jatuh ke bumi.

2. Nabi Muhammad SAW juga menuturkan barang siapa yang memiliki hewan kurban (unta, domba atau kambing, dan sapi) sangat dianjurkan untuk merawatnya dengan baik agar bisa dikurbankan sehingga kelak bisa menjadi tumpangan saat melintasi jembatan Shiratal Mustaqim

3. Diriwayatkan Zaid bin Arqam, bahwa para sahabat bertanya kepada Rasulullah tentang pahala yang didapat dari kurban dan Rasulullah menjawab, setiap tetes darah dan setiap helai bulu hewan yang dikurbankan sama nilainya dengan satu kebaikan.

4. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda barang siapa yang limpahkan rezeki Allah untuk berkurban tetapi dia tidak ikut berkurban, maka jangan sesekali dia shalat bersama kami (golongan Nabi SAW).

Nabi Muhammad SAW tidak menyukai umat Muslim yang memiliki rezeki yang cukup tetapi tidak melaksanakan kurban. (*)

 

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini