Mengenal Heatstroke yang Terjadi Padang Belakangan Ini, Apa Solusi Tindakannya?

×

Mengenal Heatstroke yang Terjadi Padang Belakangan Ini, Apa Solusi Tindakannya?

Bagikan berita
Ilustrasi Heatstroke di Kota Padang (foto: dok.Halonusa)
Ilustrasi Heatstroke di Kota Padang (foto: dok.Halonusa)

Pertama yaitu, lakukan pemindahan pada mereka dari cuaca panas ke tempat yang lebih dingin atau pun sejuk. Jika perlu, ganti bajunya dan pastikan ia mengenakan setelan nyaman yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti kain berbahan dasar katun.

Kedua, kompres tubuh mereka dan bantu menurunkan suhu dengan meletakkan kain basah atau pun es batu di bagian tubuh yang ada titik panasnya. Kamu juga bisa menyemprotkan air ke mereka, untuk mempercepat penurunan suhu.

Namun jika Heatstroke terjadi pada lansia atau pun anak-anak, tidak disarankan untuk mengompres dengan es. Terakhir terkait penanganan Heatstroke, bisa dilakukan dengan mengonsumsi banyak air putih. Supaya cairan tubuh yang berkurang setelah terkena paparan sinar matahari, dapat berganti.

Tips Mencegah Heatstroke

1. Pakai pakaian longgar dan berwarna terang yang berbahan ringan

2. Gunakan topi dan suncreen saat beraktivitas di luar rumah

3. Hindari dehidrasi dengan konsumsi air putih yang cukup

4. Jika tidak berkepentingan ke luar rumah saat siang hari panas terik, sebaiknya dihindari. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Seperti yang diketahui, Kota Padang belakangan ini terdata mengalami peningkatan suhu hingga 35 derajat celcius. Maka dari itu, diharapkan kamu dapat mengatasi fenomena Heatstroke dengan baik.

Itulah beberapa informasi pengenalan terkait Heatstroke, penanganan dan pencegahannya yang menurut Dinkes Padang, cukup berbahaya bagi kesehatan. Semoga pemaparan berdasarkan rangkuman Halonusa di atas dapat bermanfaat, selalu utamakan kesehatan. (*)

 

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini