Pengoperasian One Way Padang-Bukittinggi Besok Berakhir, Ini Simpulan Pantauannya

×

Pengoperasian One Way Padang-Bukittinggi Besok Berakhir, Ini Simpulan Pantauannya

Bagikan berita
Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di Jalur One Way Padang-Bukittinggi|One Way Jembatan Siti Nurbaya (foto: Instagram Satlantas Polres Padang)
Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di Jalur One Way Padang-Bukittinggi|One Way Jembatan Siti Nurbaya (foto: Instagram Satlantas Polres Padang)

Kemudian pada hari ketiga pada 21 April 2023, terpantau laporan personil Satlantas jajaran di lapangan bahwa adanya kelancaran dan minim sekali penumpukan kendaraan. "Pos Sicincin di jalan lintas Bukittinggi-Padang terpantau lancar," ujar Bripka Darmanto dari Satlantas Padang Pariaman.

Sejalan dengan itu, Bripka Fadhli Putra dari Satlantas Padang Pariaman juga melaporkan situasi disekitar Maliboanai Padang-Bukitinggi terpantau dalam keadaan ramai dan lancar. "Kami menghimbau pada masyarakat agar terus memperhatikan keselamatan di jalan," katanya di Instagram Ditlantas Polda Sumbar.

Begitu pula dengan alur di Padang Panjang, meski ada beberapa pengendara yang nekat menyerobot dan langsung diberhentikan oleh petugas setempat. Lalu di Simpang Batu Palano di Padang Panjang hingga wilayah Padang Luar, masih terpantau lancar dan aman terkendali.

Terakhir, pada hari kelima pada 23 April 2023 siang juga masih dalam pantauan dan jauh lebih lancar dari tahun sebelumnya. Meskipun pada malam harinya, terdapat laporan dari netizen terkait kondisi jalan raya yang padat merayap. Kabar baiknya, jalur lintas tersebut lebih lancar dari tahun sebelumnya.

Terbaru pada 24 April 2023, kendaraan mulai memadat karena arus balik hingga sebabkan titik kemacetan di beberapa tempat. Bahkan jalur One Way Bukittinggi - Malalak yang awalnya keluar di simpang Sicincin menjadi terus Kota Pariaman, menurut postingan netizen Instagram @infoumbar.

Tidak hanya itu, di jalur lintas Padang - Pariaman, tepatnya di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman sempat terjadi kecelakaan beruntun dan melibatkan 3 mobil. Untungnya, tidak ada korban jiwa.

Dapat disimpulkan bahwa percobaan perdana One Way di Sumbar, cukup berhasil pada awalnya dan mengurangi kemacetan dari tahun sebelumnya. Namun, melihat banyaknya kendaraan yang mudik, keektifannya masih kurang maksimal dan mengalami lonjakan sejak 23 April 2023 hingga saat informasi ini dipublikasikan.

Untuk diketahui, tidak hanya jalan utama Padang-Bukittinggi yang diberlakukan sistem One Way karena pada 23-27 April 2023 tempat wisata Jembatan Siti Nurbaya di Kota Padang juga akan menerapkannya.

Visualisasi penerapan One Way Jembatan Siti Nurbaya dapat dilihat pada ilustrasi foto yang terlampir di bawah ini, melansir postingan Instagram @satlantaspolrestapdg terkait alur yang dibuka dan ditutup. (*)

[caption id="attachment_51755" align="aligncenter" width="515"]One Way Jembatan Siti Nurbaya One Way Jembatan Siti Nurbaya (foto: Instagram Satlantas Polres Padang)[/caption]

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini