3 Stasiun di Kota Padang Ini Diresmikan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II 

×

3 Stasiun di Kota Padang Ini Diresmikan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II 

Bagikan berita
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang bersama Wali Kota Padang meresmikan pengoperasian Stasiun Kereta Api, Kamis 15 Maret 2023. (Foto: Istimewa)
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang bersama Wali Kota Padang meresmikan pengoperasian Stasiun Kereta Api, Kamis 15 Maret 2023. (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM - Tiga Stasiun Kereta Api di Padang diresmikan beroperasi oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang bersama Wali Kota Padang Hendri Septa, Kamis 15 Maret 2023.

Ketiga stasiun tersebut diantaranya ialah Stasiun Air Tawar dan Stasiun Lubuk Buaya serta Stasiun Alai, Kecamatan Padang Utara Kota Padang.

Dalam rangkaian acara peresmian tersebut, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang Supandi mengatakan, peresmian stasiun tersebut untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa kereta api.

Menurut Supandi, pihaknya telah merevitalisasi 5 stasiun yang 3 diantaranya ada di kota Padang yang saat ini diresmikan pengoperasiannya.

Kondisi stasiun-stasiun tersebut saat ini sudah jauh lebih baik dan dapat memenuhi standar pelayanan minimum yang ditentukan, diantaranya ketersediaan ruang ticketing, keamanan, toilet, hingga mushala.

“Selain itu peron juga sudah tinggi sesuai standar dengan panjang sekitar 100 meter, dengan panjang ini, tentu rangkaian kereta bisa ditambah sehingga kapasitas angkut juga lebih besar,” katanya saat peresmian di Stasiun Alai.

Dia mengungkapkan bahwa timnya juga telah melakukan berbagai proyek pembangunan dan peningkatan infrastruktur perkeretaapian di Kota Padang pada tahun 2022.

Proyek-proyek tersebut meliputi penggantian jembatan kereta api, penggantian rel dengan jenis R 54, serta pembangunan radio train dispatching.

Untuk meningkatkan keselamatan perkeretaapian, BTP Padang dijadikan proyek pilot untuk menangani perlintasan sebidang secara menyeluruh.

Hal ini dilakukan dengan membangun jalan inspeksi/frontage, memasang patok rel, pagar ornamen, membangun JPO, pintu perlintasan JPL, sistem peringatan dini EWS, serta menggunakan Concrete Level Crossing di perlintasan KA yang sebelumnya masih menggunakan aspal.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini