Dihantam Banjir Bandang, Bagaimana Nasib Kafe Xakapa di Lembah Anai Sumbar?

×

Dihantam Banjir Bandang, Bagaimana Nasib Kafe Xakapa di Lembah Anai Sumbar?

Bagikan berita
Pengunjung di kafe Xakafa, Lembah Anai, Sumbar. (Foto: FB Ayoe Chiakoeh New)
Pengunjung di kafe Xakafa, Lembah Anai, Sumbar. (Foto: FB Ayoe Chiakoeh New)

HALONUSA.COM - Usai diterpa hujan deras yang disertai banjir bandang dan longsor di kawasan Silaiang Kariang, Kabupaten Tanah Datar, Selasa 21 Februari 2023 kemarin.

Banyak warganet yang bertanya bagaimana nasib kafe yang tengah hits di daerah tersebut? Apakah baik-baik saja atau hancur tergerus air sungai?

Beberapa cuplikan video yang beredar di media sosial seperti TikTok dan Instagram pun juga banyak beredar, bahwa ganasnya aliran sungai kala itu bikin geleng-geleng kepala. Bahkan air terjun Lembah Anai saja sampai meluap dibuatnya.

Salah satu kafe terdekat pada aliran air terjun Lembah Anai adalah Xakapa. Kafe yang menyajikan pemandangan nan indah itu kini dikhawatirkan warganet porak-poranda oleh aliran sungai disekitarnya.

Dari penelusuran Halonusa.com di beberapa video yang tersebar di media sosial, sepertinya kondisi kafe Xakapa baik-baik saja, hanya disekitaran kafe Xakapa ada timbunan tanah yang tergerus oleh aliran sungai.

Arus yang deras pun mengikis tebing-tebing yang berada di dekat kafe tersebut dan nyaris saja mengenai kafe Xakapa.

Untuk diketahui, dampak tersebut juga menyebabkan beberapa Taman Wisata Alam (TWA) Mega Mendung tersebut hancur disapu oleh arus air sungai hulu Gunung Tandikek dengan intesitas yang tinggi.

“Meluapnya air terjun Lembah Anai yang disebabkan oleh intensitas hujan yg tinggi pada bagian hulu gunung tandikek dengan daerah tangkapan air (DTA) seluas 9.995, 72 ha, kelereng curam. Curah hujan pada saat kejadian sangat lebat diatas 20 mm/ jam (BMKG Sicincin) dengan total 130 mm / hari atau mendekati hujan extrim.” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono, Rabu 22 Februari 2023.

Ardi juga menyebutkan bahwa luapan air terjun Lembah Anai juga membawa material batu disertai pasir.

“Tidak ada korban jiwa maupun kerusakan terhadap bangunan di sekitar lokasi air terjun Lembah Anai. Namun sejumlah usaha kolam pemandian rumah makan dan homestay di sepanjang kawasan TWA Mega Mendung mengalami kerusakan akibat diterjang arus sungai batang singgalang.” katanya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini