Apa Itu Kambing Etawa yang Bikin Warga Lereng Merapi Kaya?

×

Apa Itu Kambing Etawa yang Bikin Warga Lereng Merapi Kaya?

Bagikan berita
Kambing Etawa (foto Disnakkan Grobongan)
Kambing Etawa (foto Disnakkan Grobongan)

A. Pemberian Pakan

Jumlah pemberian pakan tergantung pada jenis pakan yang diberikan. Untuk pemberian pakan hijauan di berikan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, pakan konsentrat dan silase di berikan sebagai selingan, komboran di berikan tiap sore hari. Hal ini penting karena agar kebutuhan pakan terpenuhi.

B. Perawatan Ternak Kambing

Untuk menjamin keberhasilan dalam usaha ternak, kita juga perlu melakukan perawatan pada kambing. Perawatan ternak bisa berupa memberi makan dan minum, pencukuran bulu, pemotongan kuku, membersihkan kandang, dan perawatan lainnya.

C. Memandikan Ternak Kambing

Kambing dimandikan sebanyak dua kali dalam sebulan. ternak yang tidak pernah dimandikan akan lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Tujuan dari perawatan kambing adalah supaya bisa mencegah penyakit yang ingin bersarang pada kuku atau bulunya. Selain itu, ternak yang bersih akan terlihat lebih sehat dan menarik, sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi.

5. Produksi Kambing Etawa

Kambing etawa mampu melahirkan dua sampai tiga kali dalam waktu dua tahun dimana sekali masa kehamilan rata-rata melahirkan 1–3 anak kambing. Ketika kambing memasuki musim kawin, kambing etawa betina bisa dikategorikan cukup dewasa setelah berumur 6 bulan, dan siap dikawinkan ketika telah berumur 10–12 bulan.

Umumnya lama waktu birahi kambing etawa sekitar 1–2 hari, dengan siklus birahi yang berselang selama 2–3 minggu.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini