Jangan Sebut Ini Tugu 'Extra Joss', Ada Sejarah di Balik Pembangunan Tugu Simpang Tinju

×

Jangan Sebut Ini Tugu 'Extra Joss', Ada Sejarah di Balik Pembangunan Tugu Simpang Tinju

Bagikan berita
Tugu Simpang Tinju saat malam hari (foto: Halbert Caniago)
Tugu Simpang Tinju saat malam hari (foto: Halbert Caniago)

Ia menganjurkan Aziz Chan mengirim kurir. Menurut Johnny Anwar, wali kota dan dia harus tetap berada di tengah penduduk Kota Padang.

“Tidak. Saya harus melaporkan secara pribadi. Tidak bisa orang lain menjalankan mission ini. Tidak akan terjadi apa-apa di diri saya. Kalaupun akan terjadi juga buruk baiknya, Kota Padang terletak di tangan Saudara Johnny Anwar sebagai kepala polisi Kota Padang, Fi Sabilillah,” katanya.

Bagindo Aziz Chan bersalaman dengan Johnny dan sahabat lainnya. Bersama keluarga, ia naik mobil menuju Bukittinggi.

Arya Ajisaka dalam Buku ‘Mengenal Pahlawan Indonesia’ menulis, di daerah Ulak Karang, mobilnya dihentikan oleh Tentara Belanda.

Letnan Kolonel Van Erp, komandan tentara Belanda berpura-pura minta tolong menghentikan kekacauan yang ia sebut dilakukan ekstrimis di daerah Lapai.

Bersama tentara Belanda, Aziz Chan pergi ke Lapai dari Ulak Karang. Itulah terakhir kali, ia dilihat keluarga dalam keadaan hidup.

Johnny Anwar sebagaimana ditulis ulang Rosihan, menulis, “Pukul 18.00 lewat sedikit, kami hendak berbuka puasa. Tiba-tiba datang seorang polisi dengan nafas sesak menyampaikan berita bahwa Bagindo Aziz Chan mati tertembak dan kini mayatnya ada di Rumah Sakit Ganting.”

Johnny langsung pergi ke rumah Kolonel Van Erp. Ia membenarkan berita meninggalnya Bagindo Aziz Chan. Komandan tentara Belanda itu menyebut, wali kota Padang ditembak ekstrimis ketika memeriksa garis demarkasi.

“Onmogelijk (tidak mungkin),” terlontar kata itu dari mulut Johnny. “Alles is mogelijk (semuanya mungkin),” jawab komandan U-Brigade itu sinis. Johnny Anwar lantas minta izin melihat jenazah Bagindo Aziz Chan. Tapi tidak diizinkan. Ia diminta menunggu sampai besok.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini