5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat

Ă—

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat

Bagikan berita
5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Dpmptspnaker.SolokKab.go.id/Halonusa)|||||
5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Dpmptspnaker.SolokKab.go.id/Halonusa)|||||
HALONUSA.COM – Sumatera Barat memiliki keindahan alam, yang menyimpan daya tarik luar biasa dengan destinasi wisata danau yang masih belum terjamah. Yang akan menjadi rekomendasi buat kamu. Indonesia memiliki keberagaman yang sangat banyak, dengan semestanya yang luar biasa membuat mata memandang  seakan terpukau. Terutama Sumatera Barat, ada banyak sekali destinasi wisata yang popularitasnya tak hanya terkenal di Indonesia, namun juga tersohor di dunia. Dari kekayaan alam di setiap daerahnya dan pesona budaya hingga sejarah yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dari sekian banyak destinasi wisata di Sumatera tersebut, mungkin salah satu danau ini bisa menjadi destinasi liburanmu saat kamu berada di Sumatera Barat. Berikut rangkuman dan 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi.

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat

Danau Maninjau

[caption id="attachment_25981" align="aligncenter" width="675"]Danau-Maninjau-PegiPegi-Halonusa-Ade-Yuandha(@ade_yuandha) 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: PegiPegi/Halonusa)[/caption] Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terletak di ketinggian 459 m, sehingga suhunya masih sejuk cenderung normal.

Meski luasnya hanya mencapai 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimal 165 m, salah satu danau terbesar di Indonesia ini cukup terkenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi pegunungan.

Jika berangkat dari Bukittinggi, kamu akan melalui kelok 44, destinasi yang juga tak kalah menarik untuk kamu abadikan. Tak hanya sebagai objek wisata alam, danau vulkanik ini juga merupakan sumber air Sungai Batang Sri Antokan. Menariknya, kamu bisa melihat kekentalan budaya Minang karena sebagian besar penduduknya merupakan orang Minangkabau. Sesampainya di Danau Maninjau ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti memancing ataupun menikmati kuliner di sekitarnya. Mungkin ini akan menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata kamu di Sumatera Barat. Agar tak melupakan pesona danau ini, jangan lupa beli berbagai suvenir menarik di toko oleh-oleh yang tersedia ya! 

Danau Singgkarak

[caption id="attachment_25979" align="aligncenter" width="675"]Danau-Singkarak-Phinemo-Halonusa-Ade-Yuandha(@ade_yuandha) 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Phinemo/Halonusa)[/caption] Wilayah Sumatera Barat memang dikenal dengan danaunya yang indah dan luas. Danau Singkarak adalah salah satu yang memsuk dalam daftar danau terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Singkarak menjadi danau terluas kedua setelah Toba yang memiliki luas sekitar 107,8 km persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 268 m.

Meski tak sepopuler objek wisata lainnya, Danau Singkarak yang terbentuk karena proses tektonik.

Daya tarik utama dari danau ini adalah keberadaan ikan bilih, spesies yang hanya hidup di danau ini.

Jika beruntung, kamu bisa melihatnya atau bahkan menyantapnya sebagai hidangan khas di sini. Bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang danau, cobalah datang ke Puncak Gobah, terdapat rumah pohon dengan desain kekinian untuk wisatawan yang selfie atau wefie  dengan latar belakang Singkarak.

Danau Kembar

[caption id="attachment_25983" align="aligncenter" width="675"]Danau-Kembar-Arasynews-Halonusa-Ade-Yuandha(@ade_yuandha) 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Arasynews/Halonusa)[/caption] Danau Kembar salah satu destinasi alam nan indah di Sumatera Barat. Terletak di nagari Alahan Panjang,  Kecamatan Danau Kembar. Berjarak 60 Kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok. Letak Danau di Atas dan Danau di Bawah berdampingan, dengan memiliki luas ukuran mendekati kesamaan dan dengan keindahan yang di tawarkan mampu memanjakan mata. Danau terpisah dengan rentang  jarak 300 Meter dengan perbukitan- perbukitan. Ketika dalam perjalanan dari arah Kota Padang ke Alahan Panjang telaga ini terlihat seperti Danau Kembar. Luas Danau Diateh lebih kurang 1.720 Meter persegi. Dengan kedalaman 44 Meter. Yang memiliki panjang 6,25 Kilometer dan lebar 2,75 Kilometer. Adapun permukaan airnya berada di ketinggian 1.600 Mdpl. Adapun Danau Dibawah memiliki luas 1.690 Meter persegi, lebih kecil sedikit dari Danau Diateh. Panjangnya 5,62 Kilometer dan lebar 3 Kilometer, dengan kedalaman 886 Meter. Dan Danau Di Bawah  memiliki ketinggian 1.566 Mdpl, yang artinya permukaan air di Danau Di Bawah sama dengan dasar air di Danau Di Atas. Suhu di lokasi objek wisata sangat dingin, jadi sangat direkomendasikan untuk membawa perlengkapan penghangat badan seperti jaket. Suhu di Danau Kembar berkisar 14 sampai 16 derajat celcius. Lokasinya pun berdekatan dengan  objek wisata Kebun Teh Alahan Panjang atau Kebun Teh Danau Kembar, demikian orang menyebutnya. Membayangkan keindahannya, layaknya seakan berada di New Zealand. Terlihat jelas hijau daun perkebunan teh serta Gunung Talang yang indah. itulah salah satu pemikat danau kembar yang menjadi salah satu favorit tujuan kamu untuk bertamasya.

Danau Talang

Danau-Talang-DPM-PTSP-NAKER-Solok-Halonusa-Ade-Yuandha(@ade_yuandha) 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Dpmptspnaker.SolokKab.go.id/Halonusa) Danau Talang terbentuk dari dampak aktivitas vulkanik Gunung Talang, salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat. Letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya sekarang menjadi danau. Lokasi dan alamat objek wisata Danau Talang berada di Kanagarian Kampung Batu Dalam dan Kecamatan danau kembar, Kabupaten Solok Danau Talang memiliki panjang maksimum 1,71 Kilometer. Dengan lebar 0,94 Kilometer, keliling 4,52 Kilometer. Serta memiliki luas 1,02 Kilometer. Adapun kedalamannya diperkirakan mencapai 90 Meter. Danau Talang berada di ketinggian 1.500 Mdpl, sementara Gunung Talang berada di ketinggian 2.597 Mdpl. Akses jalan menuju lokasi memang sedikit terjal dan belum sepenuhnya bagus, namun hal tersebut tidak menyurutkan para wisatawan yang penasaran atau kecanduan dengan pesona danau sunyi ini. Pemandangan di sekitar danau tampak begitu indah dengan kehadiran bebatuan gunung. Menurut cerita masyarakat setempat, batu-batu tersebut berasal dari sisa-sisa letusan gunung beberapa waktu silam. Nah, selain berkemah dan menikmati keindahan pesona alam, suara gemercik air dengan sayup-sayup suara burung. Kamu juga dapat menikmati dengan cara yang berbeda dengan menjelajah danau dengan perahu kecil yang ada sekitar danau.

Danau Tarusan Kamang

[caption id="attachment_25986" align="aligncenter" width="675"]Danau-Tarusan-Kamang-Tourism-Indonesia-Halonusa-Ade-Yuandha (@ade_yuandha) 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat (Foto: Tourism Indonesia/Halonusa)[/caption] Danau yang cukup fenomenal ini terletak di Jorong Halalang, Kamang Mudiak, Kamang Magek, Agam, Sumatera Barat. Destinasi wisata Ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Bukittinggi. Hanya membutuhkan waktu selama ±30 dari kota Bukittinggi. Air Danau Tarusan Kamang ini tidak berasal dari aliran sungai. Menurut keterangan para ahli dan masyarakat setempat, danau tersebut mengalami pasang surut karena ada air yang muncul dari celah-celah batu, yang menyebabkan air dapat mengalami pasang surut suatu waktu. Namun di lain waktu kamu bisa saja tidak menemukan danau atau tidak genangan air jika suatu saat datang ke Danau Tarusan Kamang. Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, air yang surut akan kembali pasang hanya dalam ±5 bulan, terkadang hal tersebut lebih dari 2 tahun dan begitu juga sebaliknya. Batu kapur yang ada di Danau Tarusan Kamang diprediksi berusia sekitar ratusan abad, dan memiliki kandungan mineral COCA 2. Danau ini diperkirakan sudah ada sejak 70 ribu tahun lalu sehingga tak ada satu pun warga yang membangun rumah di batas air yang akan berubah menjadi danau. Perbukitan karst di Danau Tarusan Kamang usianya jauh lebih tua daripada karst di Jawa. Karst di Kamang diperkirakan sudah berusia 400–300 juta tahun lalu. Selain Danau Tarusan Kamang, banyak gua aktif di bawah bukit karst atau batu gamping, sungai bawah tanah, dan danau bawah tanah. Namun, keberadaannya hingga kini belum pernah diteliti. Setiap danau tentu memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Jadi, danau mana yang masuk ke dalam bucket list kamu kali ini dari Rekomendasi Destinasi Wisata Danau di Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi?.  (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini