Baca Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Kutipan Bijak, Gratis Link Download Pdf

×

Baca Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Kutipan Bijak, Gratis Link Download Pdf

Bagikan berita
Baca Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Kutipan Bijak, Gratis Link Download Pdf (creative:Halonusa.com)
Baca Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Kutipan Bijak, Gratis Link Download Pdf (creative:Halonusa.com)
HALONUSA.COM - Tak lengkap rasanya bila tidak membaca novel, seakan ada yang hilang lantaran akhir pekan November rain membuat gundah. Jangan cemas ada novel menemani sobat. Baca novel Gadis Pantai merupakan karya/author Pramoedya Ananta Toer, sobat bisa dapatkan secara gratis. Selain gratis novel, sobat juga dapat membaca lengkap novel dalam bentuk pdf, bahkan gratis/free Link download. Novel Gadis Pantai tidak hanya tersedia dalam cetakan, juga bisa diakses pada aplikasi novel yang bisa sobat dapatkan. Artinya, sobat bisa membaca novel Gadis Pantai secara gratis Link yang kami sediakan. "...Roman ini menusuk feodalisme Jawa yang tak memiliki adab dan jiwa kemanusiaan tepat langsung di jantungnya yang paling dalam." Selain itu sobat juga bisa memakai kutipan/quotes bijak buku novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Sebenarnya masih banyak sobat, berikut sinopsis/review/spoiler baca novel gadis pantai penulis Pramoedya Ananta Toer. Pramoedya Ananta Toer atau yang akrab dipanggil Pram, banyak sekali kutipan penuh inspirasi dan makna. Berikut kutipan novel Gadis Pantai:
  • Bagi wanita muda, Mas Nganten, sebenarnya tak ada kesulitan hidup di dunia, apalagi kalau ia canti, dan rodi sudah tak ada lagi.
  • Orang tak bisa berhati-hati setiap saat buat seumur hidupnya.
  • Hanya orang dan binatang bodoh saja yang kena cambuk.
  • Di sini tak ada rumah yang terkunci pintunya, siang ataupun malam. Di sini pintu bukanlah dibuat untuk menolak manusia, tapi menahan angin. Di sini semua orang tidur di ambin pada malam atau siang hari, termasuk para tamu yang tak pernah dipedulikan dari mana datangnya.
  • Ia mendengar sekali lagi. Di kota setiap orang baru selalu ditetak dengan tanya: Siapa nama? Dari mana? Di sini orang tak peduli Mak Pin datang dari mana. Tak peduli Mak Pin gagu. Tak peduli sekalipun dia kelahiran neraka.
  • Dengarkan sahaya punya cerita. Cuma satu yang dikehendaki Allah, Mas Nganten, yaitu supaya orang ini baik. Buat itu ada agama. Buat itu orang-orang berkiblat kepada-Nya. Tapi nyatanya kehendak Allah yang satu itu itu saja tidak seluruhnya terpenuhi. Di dunia ini terlalu banyak orang jahat.
Baca juga: Baca Novel Dinikahi Ustadz Tampan, Gratis ini Linknya
  • Bagi orang atasan ingat-ingatlah itu Mas Nganten, tambah tinggi tempatnya tambah sakit jatuhnya. Orang rendahan ini boleh jatuh seribu kali, tapi ia selalu berdiri lagi. Dia ditakdirkan untuk sekian kali berdiri setiap hari.
  • Kau tidak mengabdi padaku man, tidak, man. Kalau kau cuma mengabdi padaku, kalau aku tewas kau tinggal hidup, kau mengabdi kepada siapa lagi? kau cari Bendoro baru, kalau dia juga tewas?
  • Seganas-ganasnya laut dia lebih pemurah dari hati priayi.
  • Kau mengabdi pada tanah ini, tanah yang memberimu nasi dan air. Tapi para raja dan para pengeran dan para bupati sudah jual tanah keramat ini pada Belanda. Kau hanya baru sampai melawan para raja, para pangeran, dan para bupati. Satu turunan tidak bakal selesai. Kalau para raja, pangeran, dan bupati sudah dikalahkan, baru kau bisa berhadapan pada Belanda. Entah berapa turunan lagi. Tapi kerja itu mesti dimulai.
  • Ia mendengar sekali lagi. Di kota setiap orang baru selalu ditetak dengan tanya: Siapa nama? Dari mana? Di sini orang tak peduli Mak Pin datang dari mana. Tak peduli Mak Pin gagu. Tak peduli sekalipun dia kelahiran neraka.

Sinopsis Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer

Pada usia yang sedini ini dia sudah dinikahkan dengan seorang Bendoro dari kota yang diwakili oleh sebilah keris. Perkawinan mereka hanya disaksikan oleh ketua kampung yang sekaligus sebagai perwakilan dari kota. Setelah pernikahan dilangsungkan, Gadis Pantai itulah nama anak nelayan miskin itu langsung diboyong ke kota, ke tempat keluarga Bendoro tinggal.

Kehidupan yang jauh berbeda dengan keadaan sewaktu di tempatnya sendiri membuat Gadis Pantai merasa dirinya dalam sebuah kerangkeng yang serba terbatas. Di sekelilingnya tak ada yang pernah tersenyum dengannya, semuanya begitu kaku, hanya seorang pelayan tualah yang menjadi teman bicara dan teman bertanya dikala sedang merasa kesepian di kamarnya. Tiga bulan telah berlalu Gadis Pantai kini telah menjadi istri seorang Bendoro. Nama sebutannya pun sudah bukan Gadis Pantai lagi, melainkan Mas Nganten. Dalam waktu yang tiga bulan, Mas Nganten semakin tidak mengenal dirinya sendiri. Dengan perubahan-perubahan yang ada pada dirinya. Ini semua berkat bantuan pelayan tua yang senantiasa membimbing dan mengarahkan Gadis Pantai.

Namun pada suatu ketika Gadis Pantai kehilangan dompet tempat uang belanjaan dapurnya. Uang itu untuk menghidup seisi gedung. Gadis Pantai menjadi risih harus bagaimana dia mengadukan pada Bendoro. Sedangkan yang dicurigainya adalah masih kerabat Bendoro sendiri, setelah ditanyai dia tidak mengaku, malahan temannya yang lain ikut membelanya dan sebaliknya menghina pada Gadis Pantai. Namun pelayan tua yang menemani Gadis Pantai mengadukannya pada Bendoro.

Gadis Pantai tidak pulang kembali bersama Mardinah ke kota, Gadis Pantai tinggal beberapa hari di kampungnya. Mardinah disuruhnya pulang terlebih dahulu bersama kusir yang mengantarnya sewaktu mereka datang. Selama di kampung Gadis Pantai tidak merasa seperti dulu. Semua orang memandangnya lain. Setiap orang yang dilihatnya langsung menundukkan wajahnya. Hal ini membuat Gadis Pantai merasa seperti dirinya asing bagi kampungnya sendiri. Bapaknya pun berlaku seperti orang lain, mereka seakan-akan baru bertemu dengan seorang pembesar.

Baca Novel Dinikahi Ustadz Tampan, Gratis ini Linknya Bagaimana kisah cerita ini selanjutnya? Untuk baca novel yang bergenre sastra ini, sobat bisa membacanya melalui android milik sobat dan bisa Link download  secara gratis di Play Store ataupun App Store. Nah berikut Link di bawah ini tentang novel yang sobat inginkan, selamat membaca Baca Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer: Kutipan Bijak, Gratis Link Download Pdf

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini