Pameran Terminologi Circumstance Sukses di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi

×

Pameran Terminologi Circumstance Sukses di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi

Bagikan berita
Pameran Terminologi Circumstance Sukses di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi
Pameran Terminologi Circumstance Sukses di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi

HALONUSA.COM - Pameran hasil lokakarya kurasi kurator muda 2021 'circumstance' berlangsung di Rumah Tamera, Komunitas Gubuak Kopi, Jalan Lingkar Utara, Kampung Jawa, Solok, Sumatra Barat (Sumbar).

Pameran dari bagian rangkaian program Lokakarya Kuratorial Galeri Nasional Indonesia 2021: Kurasi Kurator Muda akan berakhir 7 November 2021. Setelah dua peserta pameran tersebut Umi Lestari dari Tangerang, Banten dan Albert Rahman Putra dari Solok, Sumatra Barat.

"Circumstance melihat kekinian atau sesuatu yang kiwari dari daya sinkronisasi, antara situasi-kondisi dengan peristiwa dan tindakan," ujar Albert Rahman Putra, salah seorang kurator pameran circumstance.

Albert menuturkan, project kali ini menyoroti inisiatif masyarakat pertanian Solok dalam merespons persoalan setempat dan menyikapinya secara spiritual.

Menurutnya, pendekatan-pendekatan institusional dan rasionalitas belum menunjukkan kemampuannya mengatasi problem-problem kultural.

"Melalui proyek seni ini, saya mengajak keterlibatan seniman, baik itu individu maupun kolektif, untuk memahami proses transisi ini serta memetakan dan mengartikulasi isu-isu tersebut dengan menyoroti narasi-narasi kecil yang berkembang di kalangan warga," terang Albert.

Sehingga melalui pameran 'circumstance' yang diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (disingkat: Kemdikbudristek).

Baca juga: Bunga Rafflesia di Solok, BKSDA: Jangan Dipindahkan, Wisata Terbatas

Menjadi upaya melihat kembali persilangan budaya di lingkup masyarakat pertanian masa lampau sebagai sebuah studi untuk memahami hari ini dan berspekulasi menyusun proyeksi masa depan.

Pameran hasil lokakarya kurasi kurator muda 2021 digelar setelah menjaring 58 proposal rencana pameran yang diusulkan calon peserta dari 16 provinsi di Indonesia. Pameran circumstance merupakan situasi atau kondisi yang memungkinkan munculnya tindakan atau peristiwa-peristiwa tertentu.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini