Digelari Ratu Niang Sukmawati: Berikut Fakta Terkuak Usai Putri Bung Karno Resmi Masuk Hindu

×

Digelari Ratu Niang Sukmawati: Berikut Fakta Terkuak Usai Putri Bung Karno Resmi Masuk Hindu

Bagikan berita
Foto: Sukmawati saat diberkati sesaat tengah sah masuk agama Hindu.
Foto: Sukmawati saat diberkati sesaat tengah sah masuk agama Hindu.

"Ternyata tersirat pandangan spiritual dari beberapa tokoh di Bali bahwa beliau ini terlihat reinkarnasi Ibu Ratu Tribuwana Tunggadewi maka dari itulah pada tanggal 11.11.11 turunlah gelar Ratu Tribuwana UT Tunggadewi, ada kata UT," ujarnya.

"Saat saya tanyakan ke pedanda apa artinya UT itu, artinya lahir kembali. Kalau kita lihat secara nyata beliau Sukmawati ini memang posisinya adalah seperti Ratu Tribuwana yang jelas namanya Ratu Majapahit kan adalah Hindu, pasti," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengatakan secara fakta Sukmawati memiliki putra mahkota dan suami Sukmawati adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX.

"Terbukti secara fakta bahwa beliau ini memiliki putra mahkota. Beliau itu bersuamikan yang pertama adalah Raja Mangkunegara yang putra beliau sekarang yaitu Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna adalah calon raja Mangkunegara ke 10," ungkapnya.

Bukti lain, Sukmawati adalah cucu Ida Ayu Nyoman Rai Srimben yang berkasta Brahmana dan putri Proklamator Presiden Soekarno.

Sukmawati juga pernah hidup di keraton.

"Beliau dulu pernah hidup di keraton bahkan dua putra-putri beliau mas Gusti Parekarna dan Mbak Menur Gusti Raden Ayu itu merupakan pewaris tahta dari Keraton Solo, yaitu kerajaan besar. Makanya tak ada suatu hal yang surprise ketika dari para tokoh di Bali menyematkan gelar Ratu Niang Sukmawati," imbuhnya kembali.

Dengan jelas ia menjabarkan tentang arti kata Niang adalah Ninik atau Nenek dan Sukmawati adalah namanya dan kata ratu karena Sukmawati berdarah bangsawan.

"Kalau ratu memang beliau keturunannya dari noble blood darah bangsawan. Sehingga, tidak ada maksud untuk ke feodalisme dan sebagainya. namun, faktanya itu merupakan panggilan kehormatan, sama dengan di puri dan Jero juga panggilan Ratu Biang, Ratu Aji, Ratu Niang itu hal yang sama, biasa saja," ujar Wedakarna.

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Arya menambahkan bahwa pindahnya Sukmawati Soekarnoputri ke Hindu sudah melalui persetujuan keluarga, mulai dari putra-putrinya sampai saudara-saudaranya seperti Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarno Putra.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini