Video Game Dapat Memiliki Manfaat Kesehatan Yang Serupa dengan Joging

×

Video Game Dapat Memiliki Manfaat Kesehatan Yang Serupa dengan Joging

Bagikan berita
Para peneliti menemukan bahwa bermain video game aktif memiliki efek menguntungkan yang serupa pada tubuh sebagai bentuk olahraga tradisional.  | Dr Pooya Soltani, University of Bath
Para peneliti menemukan bahwa bermain video game aktif memiliki efek menguntungkan yang serupa pada tubuh sebagai bentuk olahraga tradisional. | Dr Pooya Soltani, University of Bath

Para peneliti menjalankan uji coba menggunakan game Kinect Adventures dengan sistem Kinect di Xbox, yang memiliki kamera yang melacak pergerakan pemain di dalam game.

Para peneliti berharap bahwa meskipun itu bukan pengganti langsung untuk olahraga tradisional, menggunakan exergames dapat mendorong pasien untuk lebih sering aktif.

Dr Jorge Brito-Gomes, seorang peneliti di Universidade Federal do Vale do São Francisco, Brasil, mengatakan: “Bermain exergames dapat membantu beberapa penderita diabetes dalam mengelola kondisi seumur hidup.

“Latihan berjudi tidak hanya mengalihkan pikiran Anda dari pengerahan tenaga, tetapi bekerja untuk mendapatkan imbalan dalam permainan atau bahkan bersaing dengan teman membantu memotivasi Anda untuk terus kembali melakukan lebih banyak.”

Tim selanjutnya akan menyelidiki manfaat permainan keseimbangan dan efek VR pada keseimbangan bagi penderita diabetes yang mengalami masalah kaki yang terkait dengan kondisi mereka.

Dr Brito-Gomes menghargai Dr Soltani, dan University of Bath atas kemitraan ilmiah dan berkata: "Saya benar-benar berharap bahwa hasil penelitian ini merangsang pasien diabetes untuk berolahraga lebih banyak dengan tingkat kenikmatan yang lebih tinggi dan membantu mereka mengelola penyakit mereka dengan lebih baik."

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini