Tahanan Titipan Kasus Pencurian Ditemukan Tewas Gantung Diri di Padang

×

Tahanan Titipan Kasus Pencurian Ditemukan Tewas Gantung Diri di Padang

Bagikan berita
Ilustrasi bunuh diri | pixabay
Ilustrasi bunuh diri | pixabay

HALONUSA.COM -

Satu tahanan ditemukan tewas gantung diri di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Air Kelas IIB Padang pada Rabu (8/9/2021) malam. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Rabu (8/9/2021) malam.

Informasinya, korban yang bernama Fadli tersebut merupakan tahanan dalam kasus pencurian tersebut masih berstatus titipan dari pengadilan karena masih menjalani proses persidangan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar), Muhammad Ali Syeh Banna mengatakan, kejadian bermula saat Fadli mengeluh tidak merasakan penciuman dan rasa makanan pada Selasa (7/9/2021).

"Namun setelah dilakukan tes antigen oleh dokter, hasinya negatif," katanya.

Meski demikian, kata Ali, tahanan tersebut tetap ditempatkan diisolasi di ruang klinik Rutan Anak Air meskipun negatif Covid-19.

"Pada keesokan harinya, atau sebelum kejadian (gantung diri) itu, kondisi dia masih normal, bahkan komandan jaga melakukan kontrol ke blok klinik sebanyak tiga kali, nah pada kontrol ketiga kali inilah ruangan tersebut sudah sepi," katanya.

Mengetahui hal tersebut, komandan jaga kemudian membuka ruangan tersebut hingga akhirnya korban ditemukan tewas tergantung dengan menggunakan celana panjang miliknya.

"Komandan Jaga melaporkan peristiwa tersebut ke Karutan Anak Air hingga melaporkannya ke Polsek. Kemudian saat polisi datang, dia dibawa ke RSUP dr M Djamil, setelah dibawa ke sana, akhirnya dia dinyatakan murni meninggal dunia, tanpa ada indikasi dibunuh atau dianiaya dan lain sebagainya," ungkap Ali.

Ali mengeklaim bahwa sebelum kejadian tersebut, korban diketahui tidak memiliki masalah apa-apa, baik secara pribadi ataupun dengan tahanan lainnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini