Vaksin Dapat Atasi Long Covid-19

×

Vaksin Dapat Atasi Long Covid-19

Bagikan berita
Vaksinator saat menyutikan vaksin corona sinovac bagi warga di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.
Vaksinator saat menyutikan vaksin corona sinovac bagi warga di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

HALONUSA.COM - Gejala long Covid-19 berupa sesak nafas, sesak dan nyeri dada. Tidak itu saja dapat memengaruhi masalah memori dan konsentrasi kabut otak, kesulitan tidur, palpitasi jantung, pusing, pin dan jarum, nyeri sendi, depresi dan kecemasan, tinnitus, sakit telinga.

Para penyintas Covid-19 banyak  mengalami efek jangka panjang tersebut, bahkan bisa bertahan selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan.

Dikutip dari haloselebriti , Data LongCovidSOS menemukan bahwa sekitar 56,7 persen peserta membaik terhadap gejala long Covid secara keseluruhan. Sedangkan 24,6 persen melaporkan tidak ada perubahan dan 18,7 persen memburuk setelah suntikan pertama.

Baca juga: Vaksin Mandiri Pakai Sinophram dan Sputnik V, Minggu Ketiga Mei Digelar

Meskipun penilaian dilakukan melalui survei, tidak ada bukti pasti yang menunjukkan vaksin menyebabkan perbaikan gejala. Namun, dia menjelaskan ini hanyalah spekulasi dan perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

Baca juga: Dua Ratusan Lebih Calon Jemaah Haji Pasaman Divaksin

Tidak lupa juga untuk terus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan, 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Juga 3T pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Salam sehat!

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini