5 Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 HOTS Beserta Pembahasannya

×

5 Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 HOTS Beserta Pembahasannya

Bagikan berita
Ilustrasi ujian SKD CPNS (foto: Pexels/Louis Bauer)
Ilustrasi ujian SKD CPNS (foto: Pexels/Louis Bauer)

HALONUSA - Berikut 5 contoh pembahasan terkait soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang merupakan bagian dari SKD CPNS 2024.

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 terdapat tahap ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

SKD biasanya, digelar usai tahap pendaftaran dan masa sanggah selesai. Karena pendaftaran baru dibuka hari ini, 20 Agustus 2024, maka SKD kemungkinan Oktober 2024.

Dalam tahapan SKD, terdapat 3 jenis ujian yaitu TWK dan Tes Intelegensia Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tapi pada artikel ini, hanya akan dipublikasikan contoh soal TWK SKD CPNS 2024 yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) beserta pembahasannya.

Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 HOTS

PEMBAHASAN: Jawabannya B karena hal yang harus dilakukan negara adalah menjaga rakyatnya, kalau ideologi itu udah dibicarakan pada waktu pembentukan negara.

PEMBAHASAN: Jawabannya A karena KY (Komisi Yudisial) berhubungan dengan kekuasaan kehakiman, penegakan martabat/kepercayaan rakyat kepada hakim.

PEMBAHASAN: Jawabannya A, karena termasuk soal nalar, maka pilihlah jawaban yang tidak menimbulkan permasalahan lain, tidak memaksa, dan adil untuk semua kalangan.

Sebenarnya A sama D bisa, tapi D terlalu memaksa, hukumnya kuat tapi rakyat nya tidak paham ya sama ajaa bohong, tapi dari kalimatnya bisa jadi pengicuhh.

PEMBAHASAN: Jawabannya D karena dwifungsi ABRI adalah tugas ABRI yang selain menjaga keamanan, juga ikut dalam pemerintahan atau jadi politikus hingga pemimpin negara.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini