Contoh Soal SKD CPNS 2024 TIU HOTS dan Pembahasannya

×

Contoh Soal SKD CPNS 2024 TIU HOTS dan Pembahasannya

Bagikan berita
Ilustrasi ujian SKD CPNS (foto: Pexels/Louis Bauer)
Ilustrasi ujian SKD CPNS (foto: Pexels/Louis Bauer)

HALONUSA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dibuka website resminya oleh Badan Kepegawain Nasional (BKN), 19 Agustus 2024.

Para peserta dapat melihat simulasi terkait formasi pilihan mereka pada hari ini, sementara pendaftarannya dimulai 20 Agustus 2024.

Nah, pada tanggal tersebut, peserta sudah bisa membuat akun dengan menginput pendataan diri serta konfirmasi email hingga upload dokumen.

Berikutnya, ada jeda penyeleksian berkas dan masa jeda kisaran beberapa minggu sampai penentuan ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilakukan.

Perkiraan SKD kemungkinan akan dilaksanakan muali Oktober 2024 yang terdiri dari beberapa jenis soal, yaitu TIU Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada artikel ini, akan dibahas informasi terkait contoh soal SKD CPNS jenis TIU yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai bahan pembelajaran para peserta.

Contoh Soal SKD CPNS 2024 TIU HOTS

Ada banyak jenis contoh soal TIU HOTS saat seleksi CPNS, namun 2024 ini menurut informasi yang beredar, patokan soal didasarkan pada seleksi Kedinasan baru-baru ini.

Berdasarkan bocoran terkait, jenis soal yang pasti akan keluar yaitu berupa pecahan. Tapi, jenis TIU perbandingan juga ada, nah yang akan dibahas sekarang adalah perbandingan.

1. Proyek pembangunan gedung Kota Kasablanka harus selesai dalam 35 hari dengan pekerja sebanyak 10 orang. Setelah 8 hari kerja proyek pembangunan, dihentikan sementara 4 hari karena cuaca sangat buruk dapat membahayakan pekerja. Jika tiap pekerja memiliki kemampuan yang sama, maka berapa pekerja tambahan yang dibutuhkan agar proyek selesai tepat waktu?

  • A. 1 orang
  • B. 2 orang
  • C. 3 orang
  • D. 4 orang
  • E. 5 orang

PEMBAHASAN

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini