Tema Hari Pramuka 14 Agustus 2024, Makna Logo dan Sejarahnya

×

Tema Hari Pramuka 14 Agustus 2024, Makna Logo dan Sejarahnya

Bagikan berita
Iluustrasi Pramuka (foto: Ideogram)
Iluustrasi Pramuka (foto: Ideogram)

HALONUSA - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus dan pada 2024 ini, adalah perayaan yang ke-63 kalinya.

Tema Hari Pramuka 2024

Melansir isi surat putusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 104, tema yang diangkat adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".

Filosofi dan makna tema tersebut, diharapkan dapat membangun citra positif oleh gerakan Pramuka di Indonesia agar selalu menjiwai nilai pancasila.

Logo Hari Pramuka 14 Agustus

Pada publikasi foto yang dikutip dari situs resmi pramuka.or.id tersebut, memiliki makna angka 6 dan 3 sebagai umur peringatan Hari Pramuka di Indonesia.

Angka 6 ada pada visualisasi Kelopak Tunas, kemudian angka 3 terdapat di logogram tunas sebagai lambang Pramuka yang berjiwa Pancasila dalam menjaga NKRI.

Sejarah Peringatan Pramuka di Indonesia

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya, Orang Muda dan Suka Berkaya. Sejarahanya, dimulai sejak tahun 1923 ketika Belanda masih menjajah Indonesia.

Saat itu, banyak warga negara Indonesia yang tergabung dalam organisasi yang masih berinisiasi dengan Belanda hingga melalui Keppres Nomor 238 Tahun 1961, Presiden Soekarno mendirikan Gerakan Pramuka.

Mulai 14 Agustus 2024, Gerakan Organisasi tersebut resmi diperkenalkan kepada masyarakat luas yang ditandai dengan pergelaran upacara di Istana Negara. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini