Penumpang Kereta Api di Sumbar Tembus 1 Juta, KAI Divre II: Naik 9 Persen

×

Penumpang Kereta Api di Sumbar Tembus 1 Juta, KAI Divre II: Naik 9 Persen

Bagikan berita
Suasana ramai di salah satu Stasiun Kereta Api di Sumbar. (Foto: Istimewa)
Suasana ramai di salah satu Stasiun Kereta Api di Sumbar. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat melaporkan lonjakan jumlah penumpang sebesar 9% pada periode Januari hingga Juli 2024.

Lebih dari 1 juta penumpang, tepatnya 1.065.521, memanfaatkan layanan kereta api di Sumatera Barat, naik dari 975.886 penumpang pada periode yang sama tahun sebelumnya.

M. As’ad Habibuddin, Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumbar menjelaskan lonjakan ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk meningkatnya minat masyarakat yang semakin percaya pada kenyamanan dan efisiensi kereta api.

"Kami melihat antusiasme yang besar dari masyarakat, terutama dengan semakin banyaknya rombongan dari instansi sekolah yang memilih kereta api sebagai moda transportasi," ungkapnya dikutip Halonusa, Selasa (13/8/2024).

Dalam periode ini, KA Pariaman Ekspres (Pauhlima – Padang – Naras pp) mendominasi dengan jumlah penumpang terbanyak, mencapai 824.860 orang.

Selain itu, KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air – Padang – BIM pp) melayani 171.317 penumpang, sementara KA Lembah Anai (Kayu Tanam – BIM pp) mencatat 69.344 penumpang.

Tidak hanya itu, KAI Divre II Sumbar juga berhasil meningkatkan performa ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan.

Tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,8%, sementara ketepatan waktu kedatangan mencapai 99,4%.

"Ini adalah hasil dari peningkatan mutu operasional dan perawatan sarana-prasarana secara menyeluruh," kata As’ad.

Dengan performa yang semakin baik, KAI Divre II Sumbar mengimbau calon penumpang untuk merencanakan perjalanan mereka lebih awal dan menggunakan aplikasi Access by KAI untuk pemesanan tiket.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini