Marah Roesli Resmi Menjadi Nama Jalan di Kota Padang

×

Marah Roesli Resmi Menjadi Nama Jalan di Kota Padang

Bagikan berita
Marah Roesli Resmi Menjadi Nama Jalan di Kota Padang
Marah Roesli Resmi Menjadi Nama Jalan di Kota Padang

HALONUSA -Nama sastrawan besar Indonesia, Marah Roesli, yang dikenal dengan tokoh Siti Nurbaya, resmi diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kota Padang.

Jalan yang dinamakan sebagai Jalan Marah Roesli ini berlokasi di Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, tepat di samping Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/4 Padang.

Peresmian Jalan Marah Roesli dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, didampingi oleh Pj Ketua TP-PKK Kota Padang, Ny. Vanny Andree Algamar, Pj Sekda Yosefriawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yopi Krislova, serta perwakilan keluarga almarhum Marah Roesli pada Senin (5/8/2024).

Sebagai sastrawan angkatan pujangga baru, Marah Roesli dikenal melalui karyanya yang terkenal, Siti Nurbaya, yang merupakan novel romance pertama penulis Tanah Air.

Di Kota Padang, kisah Siti Nurbaya dianggap sebagai kisah nyata, dengan makam Siti Nurbaya yang diklaim berada di Gunung Padang dan jembatan yang dinamai Jembatan Siti Nurbaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova, menyampaikan bahwa penamaan Jalan Marah Roesli dilakukan untuk menghormati sastrawan besar Ranah Minang sekaligus untuk keperluan administrasi, karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang akan berkantor di jalan yang baru dinamai tersebut.

"Jadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan berkantor di sini dan Jalan Marah Roesli ini juga sebagai kejelasan administrasi nama kantor nantinya," kata Yopi Krislova.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyebut dipilihnya nama Marah Roesli sebagai bentuk penghargaan kepada sastrawan besar Indonesia yang juga berprofesi sebagai Dokter Hewan tersebut.

"Hari lahir beliau juga sama dengan Hari Jadi Kota Padang, yaitu 7 Agustus. Jadi ini sebagai kado HUT dari Pemko untuk almarhum dan keluarga besarnya," ujar Andree Algamar.

Menurut Andree Algamar, Novel Siti Nurbaya karya Marah Roesli hanya bisa disejajarkan dengan Novel Romeo & Juliet. Novel ini juga sudah diterjemahkan ke bahasa Rusia dan China.

Editor : Heru C
Sumber : Diskominfo Padang
Bagikan

Berita Terkait
Terkini