Padang Bagoro, Bebas dari Sampah, Perangi TPS Liar

×

Padang Bagoro, Bebas dari Sampah, Perangi TPS Liar

Bagikan berita
Padang Bagoro, Bebas dari Sampah, Perangi TPS Liar
Padang Bagoro, Bebas dari Sampah, Perangi TPS Liar

HALONUSA – Pemerintah Kota Padang akan kembali melaksanakan program Padang Bagoro pada bulan Juni 2024.

Warga diminta untuk membersihkan pekarangan di sekitar rumah masing-masing sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan lingkungan.

"Padang Bagoro akan dilaksanakan pada 30 Juni 2024 dengan tema 'Merdeka dari Sampah - Perangi TPS Liar di Sekitar Kita'," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan, Syafrizal Syair, Jumat (28/06/2024).

Tempat pembuangan sampah (TPS) liar yang tersebar di berbagai wilayah Kota Padang menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Melalui program Padang Bagoro bulan Juni 2024, diharapkan TPS liar dapat ditertibkan dan pertumbuhannya ditekan.

Menurut data DLH Kota Padang, hingga awal Juni 2024, sudah ada 62 TPS liar yang ditertibkan bersama dengan pihak kecamatan, kelurahan, RT/RW, dan warga.

Warga juga diminta untuk memanfaatkan TPS resmi yang tersedia dan membuang sampah sesuai jadwal yang ditetapkan, yaitu dari pukul 17.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Total TPS resmi di Kota Padang berjumlah 141 yang tersebar di 11 kecamatan. Jumlah ini seharusnya sudah cukup. Mari kita buang sampah di TPS resmi agar TPS liar tidak lagi menjamur," imbau Syafrizal.

Upaya memberantas TPS liar juga dilakukan melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Satpol PP Kota Padang. Petugas Penegak Perda rutin menyasar titik-titik rawan TPS liar.

"Satpol PP telah menempatkan anggota di masing-masing kecamatan, dan sudah ada tim atau Satgas OTT yang dibentuk kecamatan. Kami dari Mako Satpol juga melakukan backup untuk titik-titik rawan pembuangan sampah sembarangan," kata Kasi P3 Satpol PP Kota Padang, Efrizal, Jumat (28/06/2024).

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini