Sambut HUT RI ke-79, Payakumbuh Adakan Lomba Mural Bertema Budaya dan Kebersihan

×

Sambut HUT RI ke-79, Payakumbuh Adakan Lomba Mural Bertema Budaya dan Kebersihan

Bagikan berita
Mural yang bertemakan budaya dan kebersihan. (Foto: Atmago.com)
Mural yang bertemakan budaya dan kebersihan. (Foto: Atmago.com)

HALONUSA - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh akan menyelenggarakan Lomba Mural di Kawasan Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang.

Rencana kegiatan ini dibahas dalam Rapat Persiapan Lomba Mural di Aula Ngalau, Balai Kota Payakumbuh, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat termasuk Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kemenag, Kacabdin Wilayah IV, Samsat, serta perwakilan dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi se-Payakumbuh, BUMN, BUMD, dan instansi vertikal lainnya.

"Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas peserta dalam menyampaikan pesan moral melalui seni mural yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas," ungkap Rida Ananda pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dalam lomba ini, para peserta akan berkesempatan untuk mempercantik kawasan Gelanggang Kubu Gadang, sebuah area yang sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berolahraga.

Selain itu, lokasi ini berpotensi menjadi sarana promosi kota dengan karya seni yang menarik sebagai latar belakang untuk berfoto.

"Pengunjung kawasan Gelanggang Kubu Gadang akan disuguhkan dengan mural yang indah, menyenangkan mata, dan penuh dengan pesan positif," tambahnya.

Lomba Mural ini terbagi menjadi dua kategori: Kategori Umum dengan tema yang sesuai dengan OPD/Lembaga/Kampus/Organisasi/Perbankan terkait, dan Kategori Sekolah dengan tema 'Budaya Alam Minangkabau' serta 'Payakumbuh Bersih dan Sehat'.

"Tema mural harus mengandung pesan positif dan tidak boleh mengandung unsur SARA atau pornografi. Identitas peserta juga tidak boleh lebih dari 15% dari mural," jelas Rida Ananda.

Lomba ini akan dimulai pada tanggal 8 Juli 2024 hingga 10 Agustus 2024, dengan pemenang yang akan diumumkan pada perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini