Niat Sholat Idul Adha 1445H, Tata Cara dan Lafaz Bacaannya

×

Niat Sholat Idul Adha 1445H, Tata Cara dan Lafaz Bacaannya

Bagikan berita
Ilustrasi Idul Adha (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Idul Adha (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada artikel ini, terdapat informasi terkait niat Sholat Idul Adha 1445H beserta tata cara hingga lafaz bacaan lengkapnya.

Seperti yang sama-sama disepakati pemerintah, bahwa Idul Adha 1445H jatuh pada Senin 17 Juni 2024 dan biasanya ibadah Sholat dilakukan dari pagi.

Tiap-tiap daerah memiliki waktu pelaksanaan yang berbeda-beda, tapi umumnya dari jam 7-9 pagi. Bahkan, tata cara masing-masing wilayah juga tidak sama.

Misalnya di salah satu wilayah Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat saja biasanya sebelum Sholat ada kata pengantar dulu dari pemimpin setempat.

Kemudian baru Sholat Idul Adha 2 rakaat hingga kemudian Khutbah, nah dalam pelaksanannya mari simak niat dan tata cara serta lafaz bacaan terkait.

Niat Sholat Idul Adha 1445H

Dalam bahasa Arab dengan tulisan latin, niat sholat Idul Adha 1445H bisa dibaca berikut: "Ushallii sunnatan 'iidil adha rok'ataini mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta'alaa."

Tapi jika ingin berbahasa Indonesia juga bisa dengan niat, "sengaja aku sholat sunnah Idul Adha 2 rakaat sebagai makmum menghadap kiblat lillahi karena Allah Taa'ala."

Tata Cara Sholat Idul Adha 2024

Seperti yang diketahui, saat Hari perayaan Idul Adha, umat Muslim di-sunnahkan puasa sampai setelah khutbah selesai. Jadi kan, tata caranya tadi Niat dan Sholat serta Khutbah.

Hukum mendengarkan Khutbah Idul Adha ini sama seperti Khutbah Jumat, yaitu melengkapi rakaat Sholat yang 2 rakaat tadi. Jadi sebaiknya, memang dilakukan ya walaupun sifatnya sunnah.

Jadi nantinya setelah niat, kamu harus baca takbiratul ikhram dan doa iftitah. Berikutnya, takbir lagi sebanyak 7 kali. Setelahnya baru baca surat Alfatihah dan surat lain seperti biasa.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar