Polisi Tangkap Tukang Parkir Viral di Pasia Jambak Padang yang 'Pakuak' Wisatawan

×

Polisi Tangkap Tukang Parkir Viral di Pasia Jambak Padang yang 'Pakuak' Wisatawan

Bagikan berita
Pelaku pungli di kawasan objek wisata, Pasir Jambak, Kota Padang, saat diamankan Polsek Koto Tangah. (Foto: Istimewa)
Pelaku pungli di kawasan objek wisata, Pasir Jambak, Kota Padang, saat diamankan Polsek Koto Tangah. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Usai viral di media sosial, J (40) seorang pria paruh baya dengan aksi pungutan liar (pungli) area parkir Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang diringkus oleh Kepolisian setempat.

Penangkapan terhadap J dilakukan Rabu, 17 April 2024, sekitar pukul 09.00 WIB. Hal ini terjadi setelah video yang menampilkan J meminta uang parkir sebesar Rp5.000 kepada pengunjung area tersebut menjadi viral di akun TikTok @yusman12307.

Setelah menerima laporan tersebut, Kapolsek Koto Tangah, Kompol Afrino, langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penangkapan terhadap J.

Tanpa melakukan perlawanan, J kemudian berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Koto Tangah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam keterangannya, J mengakui bahwa ia meminta uang parkir kepada pengunjung tanpa izin dari pemerintah dan atas keinginannya sendiri.

Untuk memberikan efek jera, J kemudian diberikan pembinaan dihadapan Lurah Pasie Nan Tigo, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Karang Taruna, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Selain itu, J juga membuat surat pernyataan dan video permintaan maaf kepada masyarakat.

"Pelaku sudah kita amankan dan kita berikan pembinaan. Kita imbau kepada masyarakat agar tidak mudah memberikan uang kepada orang yang meminta parkir liar," ujar Kompol Afrino.

Kompol Afrino juga mengingatkan akan selalu waspada setiap praktik pungli yang terjadi.

"Kasus ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap praktik pungutan liar. Jika menemukan kejadian serupa, jangan ragu untuk melaporkannya kepada pihak berwajib," ujarnya.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini