Asal Usul dan Sejarah Suku Sikumbang di Minangkabau

×

Asal Usul dan Sejarah Suku Sikumbang di Minangkabau

Bagikan berita
Suku Sikumbang Minangkabau
Suku Sikumbang Minangkabau

HALONUSA.COM - Konon, Suku Sikumbang sendiri bermaksud Harimau Kumbang (Harimau berwarna hitam). Dulunya orang-orang suku Sikumbang merupakan keturunan tamil India berkulit hitam dan memiliki keahlian bela diri berupa silat Harimau yang terkenal.

Di nagari tertua dalam wilayah Minangkabau, yakni di nagari Pariangan, suku ini merupakan suku yang berperan sebagai hulubalang nagari, karena dalam suku Sikumbang, kaum laki-laki berjumlah banyak dan sangat ahli dalam beladiri.

Selain itu, suku ini juga siutus untuk ke batipuh meredakan perselisihan antara masyarakat batipuh ateh dengan batipuh bawah, yang mana pertikaian dipicu oleh perbedaan paham antara Bodi Caniago dengan Koto Piliang.

Pemimpin dari suku ini yaitu seorang pendekar yang diberi gelar Tuan Gadang. Seluruh anggota suku Sikumbang mengabdikan diri pada Tuan Gadang. Atas keberhasilan suku ini meredakan pertikaian di Batipuh, Tuan Gadang pun diberi gelar kembali, dengan gelar Harimau Campo Koto Piliang.

Baca juga:

Suku Sikumbang termasuk suku yang cukup merata penyebarannya di seluruh Minangkabau sebagaimana beberapa suku besar lainnya yaitu Suku Piliang, Malayu, Caniago, Tanjuang, Guci dan suku-suku lainnya.

Dikutip dari : Saribundo

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini