Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Daerah 3T Terkendala Transportasi, Ombudsman Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini

×

Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Daerah 3T Terkendala Transportasi, Ombudsman Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini

Bagikan berita
Pimpinan Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika (Foto Halbert/Halonusa)
Pimpinan Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika (Foto Halbert/Halonusa)

HALONUSA.COM - Ombudsman Republik Indonesia (RI) melakukan cek lapangan terkait susahnya pupuk subsidi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Sumatera Barat.

Pimpinan Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika mengatakan bahwa pihaknya menemukan beberapa keluhan masyarakat di daerah Kabupaten Kepualauan Mentawai terkait pupuk bersubsidi.

"Untuk daerah 3T ini, tntunya ada keterbatasan-keterbatasan yang dialami oleh penyelenggara pelayanan publik seperti keterbatasan infrastruktur dan lainnya. Tapi hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk memberikan pelayanan terbaik," katanya saat diwawancarai, Jumat 17 Maret 2023.

Menurutnya, untuk penyalurak pupuk bersubsidi di daerah terluar di Sumatera Barat tersebut tetap harus mengutamakan pelayanan kepada petani yang ada di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Baca juga:

"Hal yang kami temukan di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk penyaluran pupuk bersubsidi ini adalah mayoritas masyarakat di sana bertani, tetapi kios untuk penyaluran pupuk bersusidi hanya satu," lanjutnya.

Karena permasalahan transportasi, kios tersebut hanya bisa menyalurkan sebanyak 10 ton pupuk bersubsidi kepada masyarakat dalam satu tahun.

"Kalau marginnya Rp75, berarti kios ini hanya mendapatkan keuntungan sebanyak Rp750 ribu per tahun. Permasalahan ini kan penting, kalau pelayanan publiknya seperti ini, berarti pelayanannya harus diubah," lanjutnya.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membentuk penugasan khusus. Karena menurutnya hak petani yang ada di daerah perkotaan dan daerah terluar itu sama.

Ia berharap pemerintah nantinya melakukan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh Ombudsman terkait peningkatan pelayanan publik agar lebih baik lagi kedepannya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini