Lebih Baik Kurban Kambing atau Sapi? Begini Kata Ustadz Khalid Basalamah

×

Lebih Baik Kurban Kambing atau Sapi? Begini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Bagikan berita
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban

HALONUSA.COM - Lebih baik kurban kambing atau sapi? Begini kata ustadz Khalid Basalamah, simak.

Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Umat muslim berpacu untuk melakukan ibadah kurban, baik kurban sapi ataupun kambing.

Lantas manakah yang lebih baik, kurban sapi atau kambing?

Dilansir dari video YouTube SAP Chanel yang tayang pada 30 Juni 2020, ustadz Khalid Basalamah menjelaskan, dalam Islam bahwa hewan kurban yang dinilai paling afdhol adalah kambing atau domba.

Hal ini merujuk yang dilakukan Nabi Muhammad SAW karena saat itu Nabi berkurban dengan kambing dan domba.

"Yang lebih baik adalah kambing dan domba karena saat itu Nabi SAW berkurban dengan domba. Tetapi sapi juga tetap boleh," terangnya.

Ustadz Khalid menegaskan, tidak ada masalah jika umat Muslim berkurban dengan sapi karena masyarakat Indonesia juga sudah terbiasa mengkonsumsi.

Kendati begitu, ustadz Khalid menegaskan antara sapi dan kambing, yang lebih baik menjadi hewan kurban adalah kambing dan sejenisnya, termasuk domba.

"Ini bukan berbicara lebih suka atau tidak tapi lebih ke perintah yang lebih baik mana dan kita sebagai umat Muslim perlu menerima ini karena pahalanya lebih besar," katanya.

Ustadz Khalid pun mengakui bahwa masyarakat Indonesia sulit dan kurang terbiasa dengan olahan daging kambing. Namun ini sunnah maka perlu dilaksanakan terlebih dahulu.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini