Kualifikasi PON di Lampung, Tim Futsal Sumbar Tingkatkan Porsi Latihan

×

Kualifikasi PON di Lampung, Tim Futsal Sumbar Tingkatkan Porsi Latihan

Bagikan berita
Tim Futsal Sumatera Barat bersama jajaran pelatih. (Foto: Istimewa)
Tim Futsal Sumatera Barat bersama jajaran pelatih. (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM - Tim Futsal Sumatera Barat akan berpartisipasi dalam Babak Kualifikasi (Pra) PON 2023 di grup A bersama tuan rumah Lampung. Pertandingan akan berlangsung pada 23-31 Oktober.

PSSI secara resmi mengumumkan hal ini melalui surat nomor 3688/PGD/313/IX-2023 tanggal 15 September 2023. Sekjen Yunus Nusi menandatanganinya. Selain Sumbar, grup A juga diisi oleh tuan rumah Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Yasman Yanusar, Ketua AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumbar, mengkonfirmasi informasi ini kepada media di Padang pada Senin, 18 September 2023 selama latihan tim yang dipimpin oleh Randy 'Akang' Satria di lapangan Rafhely Bypass km 11 Padang.

"Ya, kami (AFP Sumbar) telah menerima surat resmi. Anak-anak akan bermain di Lampung sebagai tuan rumah," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Sumbar akan berkompetisi untuk meraih peringkat teratas di grup (juara grup) agar dapat lolos ke PON XXI-2024 di Aceh-Sumut.

"Babak Kualifikasi PON ini diikuti oleh 29 tim provinsi dari seluruh Indonesia, yang dibagi menjadi 8 grup. Ada 5 grup dengan masing-masing 4 tim, dan 3 grup dengan 3 tim. Juara grup pasti lolos, ditambah dua tim tuan rumah PON, yaitu Aceh-Sumut," tambah Pak Haji sapaan akrabnya.

Sementara itu, M. Areif Wichaksono, Sekretaris Tim (Sektim), menjelaskan bahwa Fanzola Novi Dharma dan rekan-rekannya telah kembali berlatih sejak 3 September setelah tampil di Ortuseight Rafhely Cup (ORC) 2023.

Ia menyebutkan bahwa setelah ORC, pelatih kepala Akang Randy Satria bersama asisten Andrian Andika, Ade Andhyka, dan Ray Mahayasa melakukan evaluasi dan mencoret enam pemain dari 20 pemain awal.

"Empat belas pemain ini kemudian ditambah dengan tiga pemain baru hasil pantauan ORC, yaitu Zhillan Sandy Fadrian (Ikasmandoe Padang), Faathir Habibi Yusuf Kenedy (My Team Padang), dan Rhadytia Costantra Ryanda (PSR Eks/SMA 4 Sumbar)," jelas Wichak.

"Total ada 17 pemain yang sudah kami daftarkan ke KONI Sumbar," tambahnya.

Editor : Heru C
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini