Fungsi Rumah Gadang Minangkabau yang Unik, Ini Makna Atapnya yang Bergonjong

×

Fungsi Rumah Gadang Minangkabau yang Unik, Ini Makna Atapnya yang Bergonjong

Bagikan berita
Wisata Rumah Gadang Kampai Nan Panjang (Foto: raun_sumatera)
Wisata Rumah Gadang Kampai Nan Panjang (Foto: raun_sumatera)

HALONUSA.COM - Artikel ini akan menjelaskan tentang fungsi serta makna Rumah Adat Minangkabau yang dinamai Rumah Gadang.

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, Rumah Adat Minangkabau memiliki beberapa ciri khas dan keunikan tersendiri.

Orang Minang menyebutnya Rumah Gadang, dengan bentuk gonjong dan atapnya menjulang runcing di kedua sisi yang di dalamnya terdapat banyak ruangan.

Masing-masing ruangan memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai penggambaran umum kehidupan masyarakat Minangkabau dalam kesehariannya.

Baca juga:

Fungsi Rumah Gadang yang menggambarkan kehidupan sehari-hari tersebut, akan Halonusa.com rangkum dari portal humas SumbarProv pada artikel ini.

Keunikan dan fungsi Rumah Gadang sebagai salah satu budaya tradisional Minangkabau, menyajikan makna khas tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar).

Fungsi Rumah Gadang

Terdapat beberapa makna dari masing-masing kegunaannya seperti fungsi adat, keseharian dan desain khas yang didasarkan pada kelarasan suatu suku.

1. Fungsi Adat

Rumah Gadang memiliki fungsi secara umum sebagai tempat pelaksanaan segala acara adat, hingga kepentingan masyarakat yang lakukan suatu tradisi.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini