5 Daerah Terdingin di Sumatera Barat, Cocok untuk Berwisata saat Lebaran

×

5 Daerah Terdingin di Sumatera Barat, Cocok untuk Berwisata saat Lebaran

Bagikan berita
Kolase 5 daerah terdingin di Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)
Kolase 5 daerah terdingin di Sumatera Barat. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Dalam artikel ini akan diulas mengenai beberapa daerah di Sumatera Barat yang dikenal memiliki suhu dingin.

Lima destinasi ini pastinya menarik bagi mereka yang tidak menyukai panas, terutama di daerah yang mayoritas cuacanya cenderung panas.

Destinasi ini cocok untuk direkomendasikan kepada keluarga sebagai tempat liburan saat Hari Raya Idul Fitri 2024. Selain pemandangan yang indah, tempat-tempat ini juga bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman.

Berikut adalah lima daerah dingin yang dapat ditemukan di Sumatera Barat (Sumbar), yang dikumpulkan dari saluran YouTube Creative Hamdi.

5 Daerah Terdingin di Sumbar

1. Alahan Panjang

null
Foto: Istimewa

Alahan Panjang adalah salah satu Nagari (kelurahan/desa) yang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Terletak di lereng Gunung Talang, yang merupakan bagian dari rangkaian Bukit Barisan, Alahan Panjang memiliki ketinggian 1400-1600 mdpl, berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Padang.

Daerah ini terkenal sebagai salah satu daerah paling dingin di Sumatra Barat, dengan suhu rata-rata berkisar antara 10–18 derajat Celsius.

Bahkan ketika matahari bersinar terik, suhu di sini tetap dingin. Pada pukul 12 siang, suhu hanya mencapai 16 derajat Celsius.

2. Padang Panjang

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Selain Alahan Panjang, Sumatera Barat juga memiliki kota dengan udara dingin, yaitu Padang Panjang.

Kota ini terletak di ketinggian 650-950 mdpl, dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yaitu Tandikat, Marapi, dan Singgalang. Posisi geografis ini membuat Padang Panjang selalu berselimut udara dingin.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini