Gubernur Sumbar Mahyeldi Surati Presiden RI Jokowi

×

Gubernur Sumbar Mahyeldi Surati Presiden RI Jokowi

Bagikan berita
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Istimewa)
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah surati Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait kejadian bencana alam yang melanda Sumbar akhir-akhir ini.

Surat tersebut, yang diberi nomor 300.2/351/SET/IV/2024 dan diterbitkan pada tanggal 8 April 2024, berisi laporan yang disampaikan oleh Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi menjelaskan bahwa laporan tersebut tidak hanya menguraikan kronologis kejadian bencana, tetapi juga mencakup sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk penanganan situasi tersebut.

“Betul, siang tadi kita telah mengirimkan surat berisi laporan kejadian bencana kepada Bapak Presiden. Tidak hanya kronologisnya, tapi kita juga menyampaikan sejumlah upaya yang telah dilakukan daerah untuk penanganan bencana tersebut,” ungkap Gubernur Mahyeldi di Padang, Senin (8/4/2024).

"Guna memastikan bahwa Pemerintah Pusat memiliki gambaran yang komprehensif, kami telah mengirimkan laporan mengenai kejadian bencana kepada Bapak Presiden pada hari ini. Laporan tersebut mencakup berbagai kejadian seperti banjir, tanah longsor, serta erupsi Gunung Marapi yang telah memengaruhi sebagian besar wilayah Sumbar," ungkapnya.

Mahyeldi juga menjelaskan bahwa dalam laporannya, ia telah menyampaikan informasi terperinci mengenai banjir dan tanah longsor yang terjadi di 5 kabupaten/kota pada awal bulan Maret, serta tentang erupsi Gunung Marapi dan banjir lahar dingin yang telah berdampak pada dua kabupaten di Sumbar.

"Kami telah melaporkan semua kejadian bencana yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir di Sumbar. Kami berharap bahwa informasi ini dapat membantu Pemerintah Pusat dalam merancang rencana penanganan bencana di masa yang akan datang," jelas Mahyeldi.

Gubernur Sumbar juga menegaskan bahwa selain disampaikan kepada Presiden, surat laporannya juga disampaikan kepada berbagai pihak terkait, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Sosial, dan Ketua DPRD Sumbar.

Di bagian akhir suratnya, Mahyeldi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada Provinsi Sumbar melalui berbagai Kementerian dan Lembaga Negara.

“Selain sebagai laporan, surat kita ini, juga bertujuan untuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatian dan dukungannya bagi keberlanjutan pembangunan di Sumbar,” pungkasnya. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini