Diguyur Hujan Deras, Barulak Pasaman Barat Banjir Bandang

×

Diguyur Hujan Deras, Barulak Pasaman Barat Banjir Bandang

Bagikan berita
Ilustrasi banjir bandang di Pasaman Barat. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi banjir bandang di Pasaman Barat. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Diguyur hujan deras sedari Rabu 3 April 2024, Kabupaten Pasaman Barat dbanjir bandang tepatnya di Barulak Jorong Kemakmuran, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau.

Atas peristiwa tersebut, Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat, telah mengirimkan sebanyak 40 personel gabungan dari Polres dan Polsek Talamau untuk turut serta dalam upaya penyelamatan dan evakuasi korban bencana banjir bandang di Barulak Jorong Kemakmuran, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau.

Seperti diketahui, banjir datang disaat waktu berbuka puasa tiba, air telah memenuhi rumah-rumah warga, menyebabkan banyak masyarakat terjebak dalam banjir bandang karena sungai meluap.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto SIK, bersama Kabag Ops Polres Pasaman Barat, Kompol Muzhendra, menyatakan bahwa dalam operasi kemanusiaan ini, prioritas utama adalah menyelamatkan masyarakat yang terkena dampak banjir.

"Sesuai arahan komando atas, pada peristiwa kebencanaan seperti ini kami anggota Polri berkewajiban untuk membantu penyelamatan korban sekaligus tetap menjaga kondusifitas kamtibmas khususnya terhadap harta benda para korban terdampak," sebutnya.

Selain menyelamatkan warga yang terdampak bencana, petugas juga berusaha mengalihkan arus lalu lintas dari jalan utama yang terkena dampak, menuju rute yang lebih aman.

"Kami tidak ragu untuk menutup sementara arus lalu lintas jika kondisi jalan membahayakan pengendara atau masyarakat di sekitar lokasi bencana," katanya.

Saat ini, petugas kepolisian bersama dengan pihak terkait masih berada di lokasi bencana untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir susulan.

Hal ini dikarenakan cuaca buruk masih berpotensi terjadi, dan beberapa warga terpaksa diungsikan sementara karena rumah mereka terkena dampak banjir.

"Petugas tetap siaga di lapangan untuk membantu warga, semoga bencana ini tidak meluas dan warga yang terdampak segera mendapatkan bantuan agar dapat kembali ke rumah masing-masing," tambah Kompol Muzhendra. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini