PGA Mencatat, Gunung Marapi Sepanjang Maret Erupsi Sebanyak 77 Kali

×

PGA Mencatat, Gunung Marapi Sepanjang Maret Erupsi Sebanyak 77 Kali

Bagikan berita
Erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat. (Foto: Wikipedia)
Erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat. (Foto: Wikipedia)

HALONUSA - Sepanjang bulan Maret 2024, tercatat Gunung Marapi yang terletak di antara Kabupaten Agam dan Tanah Datar ini sudah 77 kali erupsi.

Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari Pos Pemantauan Gunung Api (PGA).

Selain erupsi, PGA juga mencatat Gunung Marapi mengeluarkan hembusan sebanyak 1,638 kali yang dilebih sering ketimbang bulan sebelumnya yaitu Februari 2024.

Di bulan Februari PGA mencatat, Gunung Marapi hanya erupsi sebanyak 62 kali dan 1,112 hembusan.

Sepanjanga Maret, PGA menyebutkan pada tanggal 2 Gunung Marapi mengeluarkan 11 kali letusan serta 46 hembusan. Kemudian pada 3 Maret dengan 13 kali letusan dan 63 hembusan. Berikutnya pada 7 Maret terjadi 10 kali erupsi dan 160 hembusan.

Kini status Gunung Marapi sudah mencapai level III atau Siaga. Artinya, wisatawan yang hendak ke kaki gunung diharapkan menjauh dengan radius 4.5 kilometer.

Hal ini juga berlaku bagi masyarakat setempat yang bermukin di kaki gunung, agar selalu was-was dengan potensi ancaman bahaya yang akan ditimbulkan oleh Gunung Marapi.

"Jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," himbauan PGA. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini