Jalur 'One Way' Polda Sumbar Sambut Idul Fitri 2024 Alami Perubahan, Ini Rute Terbarunya

×

Jalur 'One Way' Polda Sumbar Sambut Idul Fitri 2024 Alami Perubahan, Ini Rute Terbarunya

Bagikan berita
Polda Sumatera Barat lakukan skema jalur 'One Way' dalam menyambut Idul Fitri 2024. (Foto: Polda Sumbar)
Polda Sumatera Barat lakukan skema jalur 'One Way' dalam menyambut Idul Fitri 2024. (Foto: Polda Sumbar)

HALONUSA - Polda Sumatera Barat (Sumbar) akan menerapkan sistem jalur 'One Way' untuk perjalanan dari Kota Padang menuju Bukittinggi, serta sebaliknya, dalam rangka menyambut momen Idul Fitri 1445 H.

Kebijakan ini akan berlaku mulai tanggal 7 hingga 15 April 2024. Persiapan telah dilakukan dengan menyiapkan ratusan personel Polda Sumbar.

"Dalam tahun ini, terdapat perubahan dalam jalur 'One Way'. Kita akan mengalihkan arus lalu lintas dari Kota Padang ke Bukittinggi melalui jalur Malalak, dan sebaliknya dari Bukittinggi ke Padang akan menggunakan jalur utama atau jalur Padang Panjang," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan.

Sebelum penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut, pihak kepolisian akan melakukan sterilisasi jalur dari Kota Padang menuju Bukittinggi, dan sebaliknya, satu jam sebelumnya.

"Pada pukul 18.00 WIB, petugas akan melakukan penataan kembali agar lalu lintas kembali normal dan pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan serta kelancaran," tambahnya.

Tujuan dari sistem jalur 'One Way' ini adalah untuk mengurangi kemacetan selama masa liburan Idul Fitri.

Pada tahun sebelumnya, jalur satu arah dari Padang ke Bukittinggi melalui jalur utama (Kayutanam-Padang Panjang), sedangkan dari Bukittinggi ke Padang melalui jalur Malalak.

"Perubahan ini didasari oleh analisis dan evaluasi tahun sebelumnya, karena terdapat penyempitan jalan pada jalur sebelumnya," jelasnya.

Pelaksanaan jalur satu arah dari Padang ke Bukittinggi akan dimulai dari pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Kombes Pol Dwi Nur Setiawan juga menambahkan bahwa beberapa titik longsor telah mendapat perbaikan oleh pihak terkait, dengan alat berat juga sudah disiapkan.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini