Perbaikan Ruas Jalan Utama Kabupaten Tanah Datar, Antisipasi Tepat Menuju Hari Raya Idul Fitri

×

Perbaikan Ruas Jalan Utama Kabupaten Tanah Datar, Antisipasi Tepat Menuju Hari Raya Idul Fitri

Bagikan berita
Ilustrasi jalan rusak.
Ilustrasi jalan rusak.

HALONUSA - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akhirnya melakukan perbaikan disejumlah ruas jalan yang kerap dikeluhkan masyarakat sebagai pengguna jalan.

Beberapa ruas jalan tersebut diantaranya adalah jalan Ombilin - Batusangkar yang mendapatkan anggaran sebesar Rp7 miliar.

Sementara ruas jalan Baso - Batusangkar, Kubu Kerambil - Batusangkar, dan Payakumbuh - Setangkai mendapat Rp1 miliar.

"Keempat ruas jalan tersebut sedang menjalani proses perawatan atau patching, dengan target penyelesaian sebelum Hari Raya Idul Fitri," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan Tanah Datar, Ten Feri, di Batusangkar.

Ten Feri menjelaskan bahwa Jalan Ombilin-Batusangkar mendapat alokasi anggaran lebih besar karena selain proses patching, juga ada sebagian yang akan diaspal baru dengan panjang bervariasi, yakni 200 meter dan 100 meter. Proyek ini mencakup penambalan jalan-jalan yang berlubang.

"Pengerjaan keempat ruas jalan tersebut telah dimulai sejak awal Ramadhan dan diharapkan selesai sebelum akhir bulan Ramadhan," tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga sedang mengusulkan perbaikan beberapa ruas jalan melalui dana Inpres.

Beberapa ruas yang diajukan mencakup jalan Lubuk Mata Kucing ke Singgalang dan tembus ke Pandai Sikek, jalan Sikaladi (Pariangan) ke Pakan Rabaa (Sabu), serta perbaikan jembatan di Nagari Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara.

Feri juga menambahkan bahwa pada tahun ini, pihaknya juga melakukan rehabilitasi jaringan irigasi di beberapa nagari di Tanah Datar, seperti di Nagari Bungo Tanjung dan Batu Taba, Kecamatan Batipuh, di Parambahan Kecamatan Lima Kaum, dua titik di Kecamatan Rambatan, dan di Kecamatan Tanjung Emas. (*)

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini