Begini Trik Sukses Pabrik Aqua Mekar Sari

×

Begini Trik Sukses Pabrik Aqua Mekar Sari

Bagikan berita
Pabrik Aqua Mekar Sari
Pabrik Aqua Mekar Sari

HALONUSA.COM - Selama 51 tahun AQUA hadir dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut AQUA terus berkomitmen untuk mengalirkan kebaikan kepada masyarakat Indonesia dengan menghadirkan air mineral berkualitas sekaligus menjaga keberlanjutan alam sekitar.

Memperingati Hari Ulang Tahun AQUA pada 23 Februari 2024 AQUA membeberkan sejumlah kiat sukses dalam mengelola sumber daya air di Indonesia.

“AQUA adalah produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas yang berasal dari Indonesia, termasuk yang diproduksi Pabrik AQUA Mekarsari ini yang memanfaatkan air dari sumber air alami Kubang dan terlindungi dengan baik. Kualitas AQUA itu dimulai dari pemilihan sumber air terbaik yang terletak di pegunungan Indonesia. Untuk mendapatkan sumber air yang sesuai dengan kriteria AQUA tidaklah mudah.

AQUA melakukan penelitian yang terintegrasi oleh tim ahli yang bekerja minimal satu tahun, untuk mempelajari karakteristik sumber air baik dari sisi geologi, hidrologi, hidrogeologi, hidrogeokimia dan mikrobiobiologi, serta analisa keseimbangan neraca air untuk menjamin produksi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin kepada sejumlah wartawan dari Medan, Padang, Yogyakarta, dan Solo yang berkunjung ke Pabrik AQUA Mekarsari, Sukabumi pada 23 Februari 2024.

Arif menambahkan, “Air memainkan peran penting sebagai bahan utama kami dalam produksi, dan sejalan dengan komitmen menyediakan hidrasi yang sehat, kami terus berusaha untuk melindungi dan melakukan inovasi untuk menyeimbangkan kualitas dan kuantitas sumber air kami melalui strategi utama kami yaitu dengan Memilih Sumber Air Terbaik dan Melindungi Kemurnian Air.”

Sementara itu Kepala Pabrik AQUA Mekarsari Krisvan Sarendeng mengatakan, “Dalam menjalankan proses produksi Pabrik AQUA Mekarsari senantiasa menjalankan konsep pabrik yang ramah lingkungan, yaitu dengan menerapkan efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya air secara terpadu di setiap aspek produksi. Air yang dimanfaatkan AQUA selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Air adalah sumber daya yang terbarukan. Oleh karena itu kami perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air Kembali.” 

Oleh karena itu Krisvan juga menjelaskan bahwa Pabrik AQUA Mekarsari tidak hanya sibuk menjalankan kegiatan operasional bisnis semata. Pabrik AQUA Mekarsari pun secara aktif menjalankan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak, yaitu Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kecamatan Cicurug dan Cidahu, Dinas Lingkungan Hidup, LSM peduli lingkungan, dan masyarakat.

“Perlindungan sumber daya air yang dijalankan AQUA bertujuan untuk menjamin ketersediaan air, kemurnian dan kualitas sumber air, serta menjaga kelestarian sumber daya air,“ tambah Krisvan.

Hal yang istimewa dari Pabrik AQUA Mekarsari adalah memanfaatkan sinar matahari yang bersinar bebas di Sukabumi yang kemudian dikonversi menjadi sumber energi listrik terbarukan, dengan menjalankan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap pabrik yang digunakan untuk kegiatan operasional Pabrik AQUA Mekarsari sejak tahun 2021.

Dengan adanya PLTS Atap ini menjadi bukti nyata komitmen Pabrik AQUA Mekarsari sebagaj perusahaan yang ramah lingkungan. Hal ini bertujuan untuk turut mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025, dan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6.8 GW pada 2025.

Editor : Halbert Caniago
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini