Segini Produksi Es di Kabupaten Pasaman Barat Setiap Bulannya

×

Segini Produksi Es di Kabupaten Pasaman Barat Setiap Bulannya

Bagikan berita
Es Batu
Es Batu

HALONUSA.COM - Pemerintah Pasaman Barat mencatat produksi es di daerah tersebut sudah mencapai angka 4.500 ton per bulannya.

"Produksi es ini sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan es untuk nelayan yang ada di sini yang digunakan untuk mendinginkan ikan," kata Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus.

Ia mengatakan, 4.500 ton es tersebut diproduksi di beberapa pabrik yang tersebar di Kabupaten Pasaman Barat tersebut. "Totalnya ada 3 perusahaan es yang ada di Pasaman Barat ini," katanya.

Menurutnya, es tersebut diproduksi di daerah Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas dan satu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia

Ia mengatakan untuk kebutuhan es bagi hasil tangkapan dan kapal nelayan di Pasaman Barat rata-rata 4.000 sampai 5.000 ton per bulannya.

“Berdasarkan jumlah produksi es dengan kebutuhan es maka ketersediaan es mencukupi bagi hasil tangkapan dan kapal nelayan,” ujarnya.

Menurutnya secara normalnya kondisi es di Pasaman Barat tidak tidak terkendala tetapi pada bulan-bulan tertentu pada saat hasil tangkapan banyak akan terjadi kekurangan es.

Di lain kesempatan pabrik es yang ada kewalahan menjual es pada saat hasil tangkapan sedikit dan juga pada saat bulan terang pemakaian es akan jauh menurun.

Menyikapi hal itu, katanya, pihaknya telah menyediakan cold storage di pelabuhan yg bisa digunakan untuk penyimpanan ikan pada saat hasil tangkapan banyak.

“Kedepannya kita berharap pelaku usaha dapat memanfaatkan cold storage yang ada dan juga mungkin penambahan cold storage untuk penyimpanan ikan,” harapnya.

Editor : Halbert Caniago
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini