Lapas Kelas II A Padang Siapkan 4 TPS untuk Pemilu 14 Februari 2024

×

Lapas Kelas II A Padang Siapkan 4 TPS untuk Pemilu 14 Februari 2024

Bagikan berita
Ilustrasi Pemilu
Ilustrasi Pemilu

HALONUSA.COM - Dalam mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Padang menyiapkan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Untuk pelaksanaan Pemilu mendatang, kami sudah mempersiapkan sebanyak 4 TPS untuk penyaluran suara bagi warga binaan yang ada di Lapas ini," kata Kepala Lapas Padang, Marten.

Menurutnya, pihaknya sudah mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan untuk pemungutan suara yang akan dilaksanakan nantinya di Lapas Kelas II A Padang.

“Pegawai Lapas Padang yang menjadi KPPS juga telah mendapatkan sosialisasi serta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh KPU Padang terkait pelaksanaan pemungutan suara,” jelasnya.

Marten memaparkan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pemungutan suara Lapas Padang telah mumpuni, maka selanjutnya tinggal pendirian TPS serta sarana penunjang.

Ia menyebutkan berdasarkan data dari KPU jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi pemilih tetap dalam Pemilu 2024 tercatat sebanyak 828 orang.

Sementara untuk jumlah penghuni Lapas Padang per Senin (5/2) tercatat sebanyak 996 orang terdiri dari narapidana serta tahanan.

Pihak Lapas Padang berharap KPU bisa mengakomodir jumlah surat suara karena mengingat data penghuni di Lapas Padang yang terus bergerak.

“Data penghuni penjara itu kan terus bergerak, ada yang pindah, bebas, atau baru masuk. Oleh karenanya kami berharap KPU bisa mengakomodir kalau seandainya nanti dibutuhkan surat suara tambahan,” jelasnya.

“Kami siapkan skema penerimaan tamu dari luar seperti saksi dari partai politik atau kunjungan dari kepala daerah, jumlah petugas pun juga ditambah,” katanya.

Editor : Halbert Caniago
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini