Terdampak Bencana, Begini Strategi KPU Tanah Datar untuk Pemilih di Kawasan Gunung Marapi Sumbar

×

Terdampak Bencana, Begini Strategi KPU Tanah Datar untuk Pemilih di Kawasan Gunung Marapi Sumbar

Bagikan berita
Gunung Marapi Sumatera Barat (Foto: Istimewa)
Gunung Marapi Sumatera Barat (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar sudah menyusun persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kami sudah melakukan pemetaan tentang lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Tanah Datar ini," kata Ketua KPU Tanah Datar, Dicky Andrika.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga sudah mempersiapkan skema mitigasi bencana bagi pemilih yang berada di sekitar Gunung Marapi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Dari hasil pemetaan yang kamu lakukan di lapangan, tidak ada TPS di Tanah Datar yang berada di radius 4,5 kilometer dari Kawah Verbeek Gunung Marapi," katanya.

Hal tersebut menurutnya sudah sesuai dengan himbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terus melakukan pemantauan tentang keadaan terbaru Gunung Marapi.

Dengan begitu, menurutnya erupsi Gunung Marapi tidak akan mengganggu pelaksanaan Pemilu serentak nantinya meskipun statusnya level III Siaga.

“Namun, jika terjadi kemungkinan terburuk, maka akan ada lima kecamatan di Tanah Datar dengan jumlah 100 TPS yang terdampak. Kalo begitu, kami akan melakukan mekanisme lanjutan sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” katanya. (*)

Editor : Halbert Caniago
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini