Erupsi Gunung Marapi Sumbar Tak Kunjung Mereda, 24 Kepala Keluarga Diungsikan, Warga Mulai Sakit Pernapasan

×

Erupsi Gunung Marapi Sumbar Tak Kunjung Mereda, 24 Kepala Keluarga Diungsikan, Warga Mulai Sakit Pernapasan

Bagikan berita
Erupsi gunung Marapi. Foto: Tirto.id)
Erupsi gunung Marapi. Foto: Tirto.id)

HALONUSA.COM - Erupsi Gunung Marapi Sumbar tak kunjung mereda, 24 Kepala Keluarga di Kabupaten Tanah Datar diungsikan. Mereka tinggal di area yang dianggap berbahaya saat erupsi terjadi.

Sebanyak 24 Kepala Keluarga dari 80 jiwa diungsikan sejak Rabu siang, 10 Januari 2024 dievakuasi dari lereng gunung Marapi.

Warga yang dievakuasi tinggal di radius 4,5 km dari kawah Marapi. Selain itu, warga juga sudah mulai menderita sakit pada tenggorokan dan pernapasan serta mengalami trauma karena bunyi dentuman dan gemuruh saat gunung Marapi erupsi.

Dandim 0307 Tanah Datar bersama perangkat daerah lainnya memastikan keamanan 24 Kepala Keluarga yang diungsikan ke sebuah musala di Kecamatan 10 Koto, Kabupaten Tanah Datar.

kata Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol CZI Sutrisno, Jumat, 12 Januari 2024.

"Yang harus kita siapkan di pengusian, kita sudah lakukan termasuk posko, tenda-tenda. Untuk warga yang saat ini sudah mengungsi kurang lebih 24 KK memang tidak berada di radius 4,5 tapi kita nilai itu berbahaya karena efek dari dentuman, serta erupsi yang baru saja terjadi benar-benar terasa di lokasi tersebut sehingga perlu
rasanya kita fungsikan ke tempat yang lebih aman," kata Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol CZI Sutrisno, Jumat, 12 Januari 2024.

Sementara itu rapat koordinasi for Kopim Tanah Datar juga mengkaji kemungkinan buruk yang terjadi akibat letusan gunung Marapi. Antara lain, aktivitas masyarakat yang pada umumnya bertani banyak yang berada dalam zona bahaya. (*)

Editor : Tisya
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini