Makanan, Minuman dan Tembakau Penyumbang Inflasi di Sumbar

×

Makanan, Minuman dan Tembakau Penyumbang Inflasi di Sumbar

Bagikan berita
Ilustrasi tembakau. (Foto: RRI)
Ilustrasi tembakau. (Foto: RRI)

HALONUSA.COM - Makanan, minuman dan tembakau penyumbang inflasi di Sumbar.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar, Endang Kurnia dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

“Kelompok penyumbang inflasi yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang mencatatkan inflasi sebesar 0,26% (mtm) dengan andil 0,08% (mtm),” katanya.

Endang menjelaskan, Inflasi tahunan Sumbar secara keseluruhan terkendali sehingga berada pada sekitaran batas bawah target 3±1% (yoy) dan menurun signifikan dibandingkan tahun 2022 sebesar 7,43% (yoy).

“Capaian tersebut tidak lepas dari sinergi yang kuat dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumbar dalam mengendalikan harga, memastikan ketersediaan pasokan, mendukung kelancaran distribusi, serta melakukan berbagai kegiatan komunikasi efektif,” katanya.

Endang mengatakan TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dan koordinasi agar inflasi dapat terkendali dalam sasarannya ke depan.

Lebih lanjut, kata Endang, sinergi dilanjutkan dengan memperkuat implementasi program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Barat dalam mewujudkan terjaganya inflasi pada rentang 2,5 ± 1% (yoy) pada tahun 2024.

“Upaya tersebut juga pada gilirannya diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga tercipta Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan,” katanya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini